Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

600 Pendekar Perguruan Silat di Ngawi Kompak Apel dan Jalan Sehat Bersama

Penulis : Satria Romadhoni - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Mar - 2023, 17:50

Placeholder
Apel bersama dilanjutkan jalan sehat yang dikuti 600 pendekar dari delapan perguruan silat Kecamatan Padas dan Kasreman, Ngawi. (Foto: Satria Romadhoni/JatimTimes)

JATIMTIMES - Dalam rangka pemantapan Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Ngawi, perlu adanya terobosan kegiatan masyarakat yang berdampak positif guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif. 

Seperti halnya yang dilakukan Polsek Padas dan Polsubsektor Kasreman bersama PSPK (Paguyuban Silat Padas - Kasreman) menggelar apel bersama dilanjutkan jalan sehat yang dikuti 600 pendekar dari delapan perguruan silat Kecamatan Padas dan Kasreman, Sabtu (4/3/2023) pagi. 

Baca Juga : Masih Perlu Bantuan, Begini Kondisi Keluarga Korban setelah 155 Hari Tragedi Kanjuruhan

Sesuai arahan dari Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, Kapolsek jajaran diinstruksikan menjadi penggerak kerukunan antar perguruan beladiri di wilayahnya dengan berbagai kegiatan guna terciptanya situasi yang aman dan nyaman di masyarakat. 

Saat ditemui di lokasi, Kapolsek Padas Iptu. Iswahjoedi mengatakan paguyuban silat Padas-Kasreman ini sudah lama terbentuk sejak 5 tahun yang lalu. Untuk menjaga kerukunan dilaksanakan pembinaan rutin sebulan sekali. 

"Kami lakukan pembinaan rutin sebulan sekali adakan pertemuan. Namun, baru kali ini kita adakan kegiatan bersama dengan jumlah peserta yang cukup banyak dan hasilnya luar biasa. Pesilat sangat antusias saling menghormati sehingga pada pelaksanaan apel bersama dan jalan sehat ini bisa berjalan aman kondusif," terang Iptu Iswahjoedi. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsubsektor Kasreman Ipda Harli Prabowo. Ia menegaskan paguyuban perguruan pencak silat di wilayahnya kini makin kompak dan solid. Hal itu patut diadopsi wilayah kecamatan lain atau bahkan wilayah luar Kabupaten Ngawi. 

"Kami bersama Forpimcam dan pengurus PSPK selalu bersinergi untuk membawa paguyuban silat ini semakin solid dan bisa diadopsi di wilayah kecamatan lain bahkan mungkin di luar wilayah Ngawi," ditambahkan Harli.

Baca Juga : Raker 2023, ICMI Jombang Soroti Problem Dangkalnya Moral

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Padas Dody Aprilasetya, Camat Kasreman Moch. Arif Arifin, Kapolsek Padas Iptu Iswahjoedi, Kapolsubsektor Kasreman Ipda Harli Prabowo, Danramil Padas Kapten Slamet, Danposramil Kasreman Aiptu Sutrisno, Ketua Paguyuban pencak silat Suwoto, Ketua Ranting Beladiri dan perwakilan PSH TERATE, PSH WINONGO, IKS PI, HASTA KARI, GUBUK REMAJA, PANDAN ALAS, PAGAR NUSA, PAGASTUTI yang berjumlah 600 pendekar. 

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, diharapkan kerukunan antar perguruan silat di wilayah Padas - Kasreman khususnya dan Polres Ngawi pada umumnya bisa terjalin dengan baik. 

Kerukunan dan persatuan itu penting terbias dengan filosofi "laba-laba yang bersatu bisa mengikat singa yang ganas" jadi kerukunan dan persatuan akan menciptakan kekuatan yang dahsyat demi menjaga NKRI.


Topik

Peristiwa Ngawi perguruan silat pendekar apel bersama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Satria Romadhoni

Editor

Nurlayla Ratri