Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wujud Kolaborasi dan Koordinasi Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Diskominfo Kota Kediri Ikuti Forum Diseminasi Informasi

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

04 - Mar - 2023, 07:38

Placeholder
Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Apip Permana. (Foto : istimewa)

JATIMTIMES - Akhir tahun lalu, Presiden Joko Widodo baru saja menerima estafet Keketuaan ASEAN dari Kamboja untuk Keketuaan ASEAN 2023. Sejalan dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik bertanggungjawab untuk mensosialisasikan, mempromosikan dan mendiseminasikan segala informasi Keketuaan Indonesia di ASEAN agar sampai ke masyarakat luas.

Berdasarkan hal tersebut Kemkominfo menyelenggarakan forum diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 bersama Dinas Kominfo seluruh Indonesia, salah satunya Dinas Kominfo Kota Kediri.

Baca Juga : Delapan Orang Masih Hilang Akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika RI saat membuka forum diseminasi informasi yang digelar secara daring dan luring tersebut mengatakan bahwa dengan kembalinya Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 kedepannya akan menjadikan ASEAN matters epicentrum of growth.

Dimana Presiden Joko Widodo menekankan bahwa dengan Keketuaan Indonesia, ASEAN harus menjadi lebih kuat dan menjadi episentrum pertumbuhan dunia, tetap menjaga kawasan damai serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan demokrasi. 

“Sesuai instruksi ini, Kemenkominfo akan menjalankan peran sebagai humas pemerintah yang akan bertanggungjawab mengkoordinasikan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah,”ungkapnya.

Usman berharap dengan digelarnya forum diseminasi informasi ini dapat menjadi langkah awal untuk menjalin koordinasi, sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam membahas optimalisasi, sosialisasi dan diseminasi informasi tentang Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. 

“Berbagai pengelolaan komunikasi publik dari pemangku kepentingan ini pada akhirnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan atau awareness dan memunculkan rasa kepemilikan serta mendorong partisipasi aktif dari masyarakat. Maka kami melihat penting adanya forum ini untuk kita semua,”ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Usman peran aktif dan dukungan masyarakat yang dihasilkan nantinya sangat menentukan suksesnya tujuan Presiden Jokowi untuk menjadikan ASEAN matters epicentrum of growth serta penyelenggaraan KTT ASEAN tahun 2023 di Indonesia. 

Baca Juga : Lantik 57 Kades, Ini Pesan Bupati Kediri

Sementara itu, menanggapi kegiatan forum diseminasi informasi terkait Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun 2023 ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana mengaku siap berkoordinasi, bersinergi dan berkolaborasi dengan Kemenkominfo untuk mendiseminasikan segala informasi Keketuaan Indonesia di ASEAN agar sampai ke masyarakat Kota Kediri. 

“Informasi apapun terkait Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 ataupun KTT ASEAN 2023 akan siap kita viralkan melalui media yang dikelola Diskominfo Kota Kediri, baik itu website maupun medsos,”ungkapnya.

Apip berharap dengan adanya forum diseminasi ini, koordinasi antara Diskominfo Kota Kediri dan Kemenkominfo dapat berjalan dengan baik, aktual dan terup-to-date.


Topik

Pemerintahan dinas kominfo kota kediri diseminasi keketuaan indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana