Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Air Terjun Tirtosari, Air Suci dari Gunung Sidoramping yang Membuat Awet Muda dan Tambah Cantik

Penulis : Karinaya Azzahra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2023, 17:07

Placeholder
Air Terjun Tirtosari, menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan untuk menikmati pesona keindahan alam di Magetan, Kamis (01/03/2023) (Foto: nativeIndonesia.com)

JATIM TIMES - Menjelang liburan, siap-siap mencari destinasi yang tepat untuk menikmati hari libur bersama keluarga serta kerabat tercinta. Salah satu tempat destinasi liburan yang menarik yaitu berada di Kota Magetan. 

Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berada di kaki Gunung Lawu, yang menjadikan Magetan dijuluki sebagai kota kaki gunung. Selain itu, Magetan merupakan daerah yang suasana alamnya masih sangat terasa dan suhu udaranya yang sejuk, Sehingga Magetan dijuluki sebagai “The nice of java” karena suasana keindahan alamnya masih begitu asri.

Baca Juga : Yuk Intip Vocafe! Smart Cafe Terbaru Milik Vokasi UB

Salah satu destinasi tempat wisata yang memancarkan keindahan alamnya yaitu air terjun tirtosari yang letaknya masih di dalam kawasan telaga sarangan, yakni tepatnya di Desa Ngancar, Ngluweng Kolon, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. 

Air terjun Tirtosari memiliki julukan ‘air suci dari Gunung Sidoramping’. Menurut warga sekitar yang berkunjung, konon katanya jika membasuh badan di bawah air tersebut maka akan menjadi awet muda dan tambah cantik. Sehingga mengundang daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi tersebut.

Sebelum memulai perjalanan menuju air terjun Tirtosari, wisatawan diharuskan untuk membeli tiket yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 7000/orang, dan akan dipandu oleh pemandu (Guide) jika diperlukan. Kemudian wisatawan dapat memulai perjalananan dengan berjalan kaki  atau dapat menggunakan ojek. 

Berjalan kaki menuju air terjun Tirtosari menempuh kurang lebih sejauh 2 KM atau bisa dibilang 40 menit waktu perjalanannya. Namun dalam perjalanannya, akan disuguhhkan dengan pemandangan alam berupa perkebunan, sawah hingga pepohonan yang suasananya sangat asri dan sejuk. Sehingga, menempuh jarak 2 KM akan tidak terlalu terasa.  

Namun karena berada di lereng gunung, wajar saja jika jalanannya berkelok-kelok dan naik turun, sehingga wisatawan diharap agar sedikit berhati-hati agar tidak terpeleset.

Baca Juga : Datang Bersama Pakar Air Belanda, Perumda Tirto Negoro Studi Replikasi ke Perumda Tugu Tirta

Setelah menempuh perjalanan, rasa lelah akan disembuhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Wisatawan disarankan untuk menaiki tangga untuk sampai di puncak agar dapat melihat air terjun dengan jarak yang lebih dekat. Di sana, wisatawan dapat mengambil spot foto menarik sekaligus menikmati suasana air terjun yang sangat menenangkan. 

Menariknya, Wisatawan dapat membasuh tubuh dan bermain dengan percikan air di sekitaran air terjun Tirtosari tersebut untuk merasakan betapa jernih dan segarnya air yang berasal dari alam ini. Namun di sisi lain, wisatawan harus tetap berhati-hati dengan tetap berada di kawasan yang diperbolehkan. 

Sambil menikmati air terjun, tak lupa wisatawan untuk menikmati hidangan sate di warung yang tersedia di sekitar air terjun Tirtosari tersebut untuk menambah sensasi kenikmatan dalam perjalanan wisata di air terjun Tirtosari.


Topik

Wisata air terjun tirtosari magetan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Karinaya Azzahra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni