Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Lomba Desa Kabupaten Malang, Rektor UIN Malang Beri Apresiasi Positif 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

28 - Feb - 2023, 16:00

Placeholder
Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA (Ist)

JATIMTIMES - Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  bersama JatimTIMES,Network banyak mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Salah satunya dari kalangan akademisi perguruan tinggi, yakni Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Dr Zainuddin MA.

 Rektor asal Bojonegoro tersebut menilai, bahwa gelaran lomba desa itu  merupakan sebuah kegiatan positif yang mampu mendorong pertumbuhan atau perkembangan desa dari berbagai aspek.  "Ini sangat positif, mendorong desa untuk lebih berkembang," ungkapnya, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga : Mengulik Nasib Kampung Topeng, Sempat Jadi Destinasi Wisata, Ini Kondisi Terbarunya

Prof Zainuddin  menyampaikan bahwa gelaran lomba desa tentunya tak hanya memprioritaskan dalam hal gebyar fisik, namun juga dalam hal nonfisik. Hal ini seperti budaya hingga spiritualitas dari masyarakat sekitar.

"Tidak hanya dinilai dari aspek lahiriah, namun juga dari aspek budaya, sosial, kerukunan, harmoni, termasuk juga ekonomi hingga spiritualitas," ungkapnya.

Menurut Prof Zainuddin, maraknya rumah ibadah yang ada di desa tersebut juga dapat menjadi penilaian. Banyaknya rumah ibadah tentu juga menandakan kegiatan spiritual yang bagus yang dapat berimbas pada kehidupan sosial yang harmoni. 

"Desa itu plural. Ada berbagai agama, tapi rukun. Dan itu insya Allah menjadi kampung yang thoyibah dan mengerti akan tangung jawab, termasuk para pemangku desa," paparnya.

Untuk itulah, dalam upaya pengembangan desa, UIN Maliki Malang siap berkolaborasi dengan segala sumber daya yang ada untuk kemajuan desa. Telah banyak para mahasiswa maupun para dosen UIN Maliki Malang berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk memajukan desa. 

"Tentu ini juga menjadi bentuk pengabdian atau pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Prof Zainuddin.

Baca Juga : Optimalkan Keterserapan Sarjana, CDC UIN Malang Gandeng Ditjen Binalavotas Gelar Seminar Nasional

Sebagaimana yang telah diberitakan, Pemkab Malang melalui DPMD Kabupaten Malang bersama JatimTIMES Network akan menggelar Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Lomba tersebut bertujuan mengevaluasi dan menilai pemerintah desa 
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan,
kewilayahan dan kemasyarakatan.

Kemudian, adanya lomba desa itu juga mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam  pembangunan, serta untuk mengetahui capaian atau tingkat  keberhasilan pembangunan desa dalam kurun  waktu satu tahun. Lomba desa juga  sebagai sarana apresiasi berupa penghargaan atas juara  perlombaan desa tahun 2023 di tingkat  kabupaten atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan,  memandirikan dan menyejahterakan desa.

Dalam lomba desa ini juga tersedia hadiah yang cukup fantastis dengan total hadiah Rp 500 juta. Ajang Lomba desa di Kabupaten Malang ini juga merupakan agenda perlombaan dengan hadiah terbanyak di Jawa Timur.

Dalam lomba desa ini, terdapat para juri yang berkompeten di bidangnya. Para juri tersebut berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD), dari unsur media maupun dari unsur akademisi.


Topik

Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy