Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bendera NU 1000 Meter Persegi Berkibar Gagah di Gunung Panderman

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

06 - Feb - 2023, 16:12

Placeholder
Bendera raksasa NU saat dibentangkan di Gunung Panderman (foto: PCNU Kota Batu for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bendera raksasa Nahdlatul Ulama (NU) berkibar gagah di Gunung Panderman, Kota Batu. Pengibaran bendera tersebut memecahkan rekor MURI jelang 1 Abad NU.

Pengibaran bendera raksasa itu dibentangkan oleh tim ekspedisi yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti Banser, Banom hingga Nahdliyin. 

Baca Juga : Gempa 7,8 SR Guncang Turki dan Suriah, Lebih dari 300 Orang Tewas 

Acara yang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustanul Ulum, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu tersebut turut dihadiri oleh tim Muri Indonesia.

Seratus tim pendaki diberangkatkan untuk membawa bendera tersebut ke jalur pendakian Curah Banteng, Gunung Panderman.

Ketua pelaksana Resepsi 1 Abad NU Kota Batu, Fathul Yasin mengatakan, bendera raksasa tersebut akan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia atau Muri karena menjadi bendera organisasi pertama yang dibentangkan dengan panjang 1000 meter dan berat sekitar 200 kg di gunung.

Menariknya, logo Nahdlatul Ulama yang tercetak di bendera tersebut tidak disablon dengan mesin, melainkan dilukis secara manual oleh sejumlah pelukis dari Galeri Raos Kota Batu.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu sangat mengapresiasi  semangat para pegiat seni yang turut terlibat dalam terciptanya bendera raksasa NU. Karena inisiatif mereka sehingga Harlah 1 Abad NU semakin meriah.

“Mereka ikut merasa memiliki NU sehingga ketika kami bilang bendera ini tidak mungkin disablon, karena ukurannya yang besar. Mereka langsung berinisiatif untuk melukisnya dan hanya meminta disediakan kain,” ungkap Gus Yasin.

Baca Juga : Javier Roca Out, Arema FC Tunjuk I Putu Gede jadi Head Coach

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengingatkan kepada para Nahdliyin untuk tidak melupakan makna logo NU yang ada dalam bendera. Gambar dunia dan peta Indonesia menjadi tanda bahwa NU berada di seluruh golongan.

“Ini menjadi penyemangat untuk terus mensyiarkan agama Islam dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya mengibarkan benderanya, tapi juga mengibarkan dakwah NU di seluruh wilayah Indonesia,” kata Aries.

Sebagai informasi, pemberangkatan tim ekspedisi pembentangan bendera ke Gunung Panderman juga disemarakkan oleh hadrah terbang jidor dari Desa Pesanggrahan, kirab panji-panji NU, dan juga pawai seluruh siswa-siswi MI Bustanul Ulum yang masing-masing membawa bendera merah putih dan bendera NU berukuran kecil. 

Sementara, tim Muri menyerahkan piagam penghargaan  setelah tim ekspedisi turun dari Gunung Panderman.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana