Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Menkeu Sri Mulyani Minta Bank Daerah Berikan Suku Bunga Rendah ke Debitur

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

03 - Feb - 2023, 16:19

Placeholder
Rangkaian kegiatan kunjungan Kemenkeu dengan memberikan bantuan dukungan UMKM kepada masyarakat dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)

JATIMTIMES - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) turut serta dalam rangkaian kegiatan kunjungan Kemenkeu dengan memberikan bantuan dukungan UMKM kepada masyarakat dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bertempat di Pendapa Kabupaten Sumenep.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berkesempatan hadir dalam rangkaian tersebut menyampaikan bahwa salah satu dukungan pemerintah bagi pembiayaan UMKM diwujudkan melalui skema subsidi bunga/margin, seperti Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga : Ojol Perempuan Kota Malang Ungkap Masalah yang Dihadapi, Dinsos-P3AP2KB Beri Pendampingan

“Dengan skema tersebut, pemerintah menanggung sebagian bunga yang ditanggung oleh debitur dalam bentuk subsidi bunga. Subsidi bunga diberikan berdasarkan selisih antara suku bunga kredit dikurangi dengan suku bunga yang ditanggung oleh debitur. Dengan suku bunga yang rendah masyarakat atau pelaku UMKM tidak terbebani," ujar Sri Mulyani.

Bantuan dukungan UMKM sendiri diberikan Bankjatim kepada H. Mohammad yang bergerak di bidang usaha Industri Peralatan Dapur. Bankjatim memberikan bantuan dalam bentuk Alat Produksi Cetak, Roll play dan cetak wajan senilai Rp. 45 juta kepada nasabah yang beralamatkan di Desa Kalianget Timur.

Selain bantuan, Bankjatim juga menyalurkan kredit KUR kepada Hariyanto yang merupakan salah satu nasabah yang berasal dari Desa Palongan Bluto Sumenep. Penyaluran KUR sebesar Rp. 500 juta diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Mikro, Ritel dan Menengah R. Arief Wicaksono kepada UMKM yang bergerak di bidang produksi keris ini.

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyampaikan bahwa bantuan UMKM dan penyaluran KUR ini merupakan upaya Bankjatim dalam mendukung program Kemenkeu.

Baca Juga : Menuju Masa Akhir Jabatan Paripurna, DPRD Kota Malang Upayakan Usulan-Usulan Ranperda Dapat Disahkan 

“Program KUR ini merupakan program pemerintah yang harus kita sukseskan bersama. Bankjatim akan terus mendukung program Kemenkeu khususnya dalam rangka memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja," terang Arief.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana