Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dihadiri 300 Tokoh Muslim Dunia, Gus Muhdlor Siap Sukseskan Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Nurlayla Ratri

30 - Jan - 2023, 14:28

Placeholder
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor saat diitemui awak media.

JATIMTIMES - Puncak Peringatan 1 Abad NU akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Berbagai kegiatan diselenggarakan mulai pukul 00.00 WIB. 

Mulai dari lailatul qiroah, manaqib syeh Abdul Qodir Jaelani, rattib al attas, dan asmaul husna bersama syech Muhammad Al Fadhil Al Jailani, Habib Lutfi bin Ahmad Al Attas serta Prof. Dr. KH. Sayid Aqil Husein Al Munawwar serta KH. R Ahmad Azaim Ibrahimy. 

Baca Juga : Mengenal Situs Tri Tingal, Petilasan Syech Siti Jenar-Sunan Kalijaga-Ki Ageng Kebo Kenongo di Blitar

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor mengaku bangga Kabupaten Sidoarjo dipilih menjadi tuan rumah puncak peringatan 1 Abad NU. Diperkirakan 1 juta orang akan hadir, mereka datang dari penjuru tanah air. 

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini menegaskan segala sesuatunya akan ia persiapkan untuk menyukseskan peringatan 100 tahun usia NU. Ia sendiri ditunjuk sebagai sekretaris panitia daerah Harlah 1 Abad NU.

"Kebanggaan bagi kita semua Harlah 1 Abad NU diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo, acara ini digelar hanya setiap 100 tahun sekali, belum tentu umur kita 100 tahun dan jikalau umur kita sampai 100 tahun juga belum tentu digelar kembali di Kabupaten Sidoarjo," ungkapnya, Senin (30/01/2023).

Gus Muhdlor mengatakan dipilihnya Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah merupakan petunjuk dari Ketua PBNU KH. Yahya Cholil Staquf. Menurutnya pemilihan Kabupaten Sidoarjo dikarenakan rekam jejak penyelenggaraan kegiatan istiqosah kubro di Stadion Gelora Delta dengan sukses. 

Saat itu, yang hadir ratusan ribu jamaah atau hampir menyentuh 1 juta jamaah. Meski dihadiri orang sebanyak itu, namun kegiatan pada tahun 2018 lalu berlangsung lancar. 

"Kita akan pastikan besok gelaran di GOR berlangsung dengan baik, 40 ribu warga Nahdliyin yang berada di dalam stadion dan 960 ribu orang yang berada di luar stadion akan kita fasilitasi sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai tuan rumah yang baik," jelasnya. 

Fasilitas penunjang kegiatan bagi peserta telah dipersiapkan. Seperti fasilitas wudhu maupun toilet, 110 pos kesehatan termasuk tempat informasi dan logistik bagi tamu undangan. Pemkab Sidoarjo akan sekuat tenaga untuk menyukseskan kegiatan ini. 

Keamanan dan kenyamanan bagi para tamu akan menjadi prioritas tersendiri bagi Kabupaten Sidoarjo. Karena menurutnya, kegiatan ini bukan hanya skala nasional tapi sudah skala internasional. Pasalnya akan hadir 300 ulama dari penjuru dunia. 

"Ini akan menjadi tolak ukur kita yang tidak hanya di kancah nasional, namun juga kancah internasional karena hadir juga 300 tokoh muslim dunia," imbuhnya. 

Gus Muhdlor juga menyampaikan bahwa pedagang di sekitar GOR akan tetap dipersilahkan berjualan. Mereka dapat berdagang seperti biasanya pada malam hari. Hal ini sudah disosialisasikannya kepada para pedagang. Keberadaan mereka akan membantu para tamu yang hadir untuk dapat menikmati produk-produk Sidoarjo. 

Baca Juga : Sambut Satu Abad NU, MWC NU Kepanjen Malang Gelar Lomba Paduan Suara

Gus Muhdlor juga bangga terhadap dukungan masyarakat Sidoarjo pada peringatan 1 Abad NU kali ini. Beberapa waktu lalu diperoleh informasi bahwa sebagaian masyarakat Sidoarjo secara swadaya menyediakan nasi bagi para tamu. Informasi itu datang dari kepala desa yang warganya secara sukarela menyediakan makanan pada tanggal 7 Februari 2023 besok. Ia berharap hal seperti ini dapat diikuti oleh desa lainnya. Agar keramahan warga Sidoarjo dapat dirasakan para tamu yang hadir. 

"Ada beberapa desa yang konfirmasi ke saya yang secara swadaya, secara sadar ingin menjadi tuan rumah yang baik dengan menyediakan 2 sampai 10 nasi per rumah yang nantinya dikumpulkan bersama untuk dibagikan kepada tamu-tamu yang hadir. Ini yang menyentuh hati kami dan ini yang kami harapkan, politik partisipatif, gotong royong bersama-sama untuk menjadi tuan rumah yang baik, ini tanpa intervensi dari pemerintah," ucapnya. 

Gus Muhdlor juga mengatakan pada puncak 1 Abad NU besok, sebagian instansi pemerintah dilakukan sistem WFH. Kecuali instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik. Seperti kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maupun RSUD Sidoarjo. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan kemacetan. 

"Tidak usah kuatir terhadap pelayanan publik, pelayanan berlangsung seperti biasanya, yang di WFH kan instansi yang tidak bersinggungan langsung terhadap pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. 

Adapun rangkaian acara digelar mulai pukul 05.00 yakni Gebyar Sholawat 1 Abad NU bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf yang dilanjutkan ijazah kubro yang dipimpin oleh Al  Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. Kemudian pukul 07.00 dilanjutkan dengan resepsi 1 Abad NU yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo serta 300 ulama sedunia serta juga akan ditampilkan orkestra spektakular Adi MS dan koreografi kolosal Denny Malik. 

Pukul 14.00 digelar Karnaval Nusantara 1 Abad NU sepanjang 2 km yang akan menampilkan kebudayaan nusantara serta pencatatan rekor MURI tari sufi terpanjang 2 km. Selain itu juga ditampilkan 26 ribu sticky note doa untuk NU abad kedua oleh Fatayat NU yang juga akan dimeriahkan oleh grop musik gambus El Kiswah Gambus serta grop musik Qasima dan penyanyi Roro Widowati. 

Pada pukul 19.00 semarak 1 Abad NU diisi oleh penampilan Maher Zain, Rhoma Irama serta grop band Slank berkolaborasi dengan 500 anggota Ishari dan pelawak Cak Lontong. Pada puncak 1 Abad NU juga akan menampilkan bazzar UMKM dan aneka kuliner serta merchandise keren.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Nurlayla Ratri