Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kepala Kantor Imigrasi Malang Imbau Calon Jamaah Haji Tidak Tunda Pengajuan Penerbitan Paspor

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Heryanto

27 - Jan - 2023, 19:45

Placeholder
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika Perdhana saat memberikan sambutan usai menjalani sertijab di Savana Hotel and Convention, Jumat (27/1/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika Perdhana mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) agar tidak menunda-nunda pengajuan penerbitan paspor.

Hal itu disampaikan Galih usai menjalani prosesi serah terima jabatan (sertijab) dengan kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang sebelumnya, yakni Ramdhani, Jumat 27 Jan 2023. 

Baca Juga : Galih Pimpin Kantor Imigrasi Malang, Fokus Jalankan Program Second Home Visa dan Golden Visa

 

Galih meminta agar CJH tidak hanya menungg,  namun harus bersikap aktif untuk melengkapi persyaratan administrasi dan dokumen-dokumen lainnya. "Karena jangan sampai urusan kecil seperti kelengkapan dokumen, membuat jadi kendala yang kita sudah nunggu berpuluh-puluh tahun. Jadi, dari sekarang disiapkan," ungkap Galih.

Pria yang 10 tahun lalu menjabat sebagai kasi lalu lintas Imigrasi Kelas I Malang ini mengatakan, para petugas di Kantor Imigrasi Malang akan berupaya maksimal dalam membantu CJH yang mengajukan pembuatan paspor.

"Pasti kita akan berupaya maksimal dan membantu dari teman-teman CJH untuk dipersiapkan persyaratan pembuatan paspornya," terang Galih.

Lebih lanjut, Imigrasi Malang akan menyusun tim jemput bola  dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk penyediaan fasilitas tambahan dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap CJH yang akan mengurus paspor.

"Kalau yang sudah pernah ada, kamj (beri) jam khusus di luar dari jam rutin. Kemudian juga tempat khusus tidak hanya di Kantor Imigrasi. Nanti teknisnya akan kami rembukkan kembali dengan stakeholder terkait," kata Galih.

Galih, yang sebelumnya pernah berdinas di Malaysia hingga Filipina, menyatakan bahwa untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah, juga perlu visa dari pemerintah Arab Saudi.

"Maka dari itu, paspor harus jadi dulu. Jangan sampai terlambat. Karena kalau sampai terlambat apply visanya gara-gara paspornya belum jadi. Itu akan repot sendiri," tandas Galih.

Baca Juga : Waspada, Penipuan Berkedok Tukang Foto yang Menyasar Jemaah Umrah Indonesia

 

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Malang Gatot Wirawan menambahkan, pada awal Januari 2023 ini sebanyak 120 orang CJH telah mengajukan penerbitan paspor haji.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menaungi CJH dari beberapa daerah. Mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, hingga Kabupaten Lumajang.

Lebih lanjut, untuk total CJH dari wilayah-wilayah kerja Kantor Imigrasi Malang tersebut, Gatot belum mengetahui secara detail. Namun, diperkirakan jumlahnya meningkat dibandingkan dengan tahun 2022.

"Jumlah persis jamaahnya, kami belum tahu. Mungkin ratusan orang lebih. Pasti meningkat dibanding tahun lalu, karena tahun lalu ada pembatasan usia 65 tahun," pungkas Gatot.

 

Pewarta : Tubagus Achmad

Editor     : Heryanto


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Heryanto