Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Cegah KKN, Pembangunan Blitar Selatan Bakal Dikawal Langsung Masyarakat

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

19 - Jan - 2023, 15:48

Placeholder
Warga Blitar selatan saat aksi demo di Kantor Pemkab Blitar. (Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk memprioritaskan pembangunan di wilayah Blitar selatan bakal diawasi dan dikawal oleh masyarakat. Terkini dilaporkan Pemkab Blitar bakal mengalokasikan 70 persen anggaran untuk pembangunan infrastruktur Blitar selatan.

Janji Pemkab Blitar ini terjadi setelah warga Blitar selatan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran beberapa waktu lalu. Demo dilakukan setelah masyarakat menilai ada kesenjangan pembangunan antara Blitar selatan dengan Blitar utara.

Baca Juga : Dijuluki Kanjeng Jimat, Bupati Blitar KPH Sosrohadinegoro Diyakini Bisa Usir Lahar Gunung Kelud dengan Pecut Samandiman

Dari segi infrastruktur, Blitar selatan dinilai jauh tertinggal daripada Blitar utara. Kondisi ini membuat warga Blitar selatan merasa dianaktirikan oleh Pemkab Blitar.

Koordinator aksi Aliansi Masyarakat Blitar Selatan Menggugat M. Trianto menegaskan pihaknya bersama masyarakat Blitar selatan bakal mengawal atau memelototi realisasi janji manis Pemkab Blitar tersebut.  "Jadi, siapa nanti pemenangnya, lelangnya bagaimana, siapa yang mengerjakan, akan kami awasi. Karena kami tidak ingin gelontoran anggaran sebesar itu dikerjakan oleh orang-orang yang diduga di dalam lingkaran pendapa saja," kata Trianto, Kamis  (19/1/2023).

Trianto menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah Pemkab Blitar untuk mengatasi gejolak yang timbul di masyarakat soal pembangunan di Blitar selatan. Namun pengawasan ketat harus terus  dilakukan untuk mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Kekhawatiran kami, anggaran itu didorong ke sana, tapi yang mengerjakan itu-itu saja. Nah, kami tidak mau anggaran sebesar itu ada ijon atau jual beli proyek. Yang tentunya kalau itu terjadi, kualitas fisik tidak akan bisa maksimal. Dan masyarakat akan menjadi rugi lagi karena proyek yang dibangun tidak lama sudah rusak lagi," ucapnya.

Baca Juga : Daftar Tuntutan Ferdy Sambo dan Kawan-kawan Dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Diberitakan sebelumnya, pembangunan infrastruktur di Blitar selatan tahun 2023 ini dianggarkan Rp 52 miliar. Alokasi anggaran itu akan digelontor di 7 kecamatan, meliputi Bakung, Kademangan, Wonotirto, Sutojayan, Panggungrejo, Binangun dan Wates.

"Kami sudah siapkan Rp 52 miliar untuk pembangunan Blitar selatan. Tapi sabar dulu, karena ini masih dalam proses," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Dicky Cobandono.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy