Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menkes Tanggapi Jokowi yang Tak Pakai Masker Saat Keliling di Pasar Tanah Abang

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Jan - 2023, 16:35

Placeholder
Jokowi saat lakukan kunjungan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Jokowi terlihat tak memakai masker saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang ramai oleh pembeli dan pedagang. 

Padahal, usai PPKM dicabut, Jokowi sendiri mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker di keramaian.

Baca Juga : Kebijakan Pakai Masker Usai PPKM Dicabut, Ini Kata Menkes RI

Kemudian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan tanggapannya atas peristiwa itu. Menurutnya, hal itu kembali lagi pada kesadaran masyarakat yang sangat penting untuk menggunakan masker.

"Kembali lagi, itu Bapak Presiden menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting, dia (Jokowi) mungkin merasa dia sehat," katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa dirinya tidak ikut Jokowi ke pasar sehingga ia tidak mengetahui kondisi di sana.

"Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman-aman saja. Gitu ya. Tapi memang saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup kalau ada orang batuk itu kan ya saya anjurkan (memakai masker)," kata dia.

Budi kemudian menjawab pertanyaan yang banyak sekali dipertanyakan yakni kewajiban memakai masker saat ini. Budi mengatakan, pemerintah sendiri tetap menganjurkan pemakaian masker di ruangan tertutup dan sempit.

"Di kerumunan, sebaiknya pakai," kata dia.

Namun, Budi menyerahkan semua ini kembali ke masyarakat. Sebab menurutnya, pencabutan PPKM, pemerintah mengurangi intervensi ke masyarakat dan sebaliknya berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat. Sehingga, Ia meminta ada kesadaran dari masyarakat untuk mengukur sendiri kapan dia harus memakai masker.

"Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini, enggak perlu, ya enggak usah. Sama kayak flu, kan itu kita enggak perlu ajari, oh harus pakai payung kalau hujan, atau minum panadol dulu, masyarakat udah tahu sendiri," ujarnya lagi.

Baca Juga : 2023, Satpol PP Kabupaten Malang Siap Pelototi Reklame Bodong dan Perizinan

Dalam fase menuju endemi ini, kesadaran masyarakat dilatih menurut Budi. Ia juga mengatakan, jika ada instansi yang tetap mewajibkan memakai masker, pemerintah tak akan ikut campur.

"Nah itu kembali masing-masing instansi," kata dia.

Sebelumnya, PPKM secara resmi telah dicabut oleh Jokowi. Namun, meski telah dicabut, Jokowi tetap meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Pengumuman PPKM ini disampaikan Jokowi bersama Budi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Kesadaran vaksinasi harus terus digalakkan karena ini akan membantu meningkatkan imunitas," tambahnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni