Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Awas Malware Berbahaya Dalam Aplikasi Berkedok Streaming Siaran Sepakbola 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Jan - 2023, 18:29

Placeholder
Ilustrasi Malware (pixabay)

JATIMTIMES -  Siaran sepakbola terkadang memang tak selalu ditayangkan secara langsung melalui televisi. Namun ada juga yang disiarkan secara online. 

Untuk itu, para pengemar sepakbola pun ada yang mencari-cari berbagai aplikasi streaming untuk menyaksikan siaran. Hal inipun dimanfaatkan pelaku kejahatan Siber untuk menyusupkan Malware berbahaya.

Baca Juga : Kekurangan Pegawai Masih Jadi Masalah, Begini Langkah Pemkab Malang

Adanya Malware berbahaya yang disusupkan dalam aplikasi streaming ini diinformasikan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melalui akun Twitternya @CCICPolri.

"Sobat Siber, utamanya kamu yang gemar menonton sepak bola melalui siaran streaming, waspada aplikasi palsu yang disusupkan malware dengan iming-iming menayangkan pertandingan sepak bola. Nonton Piala Dunia di TV/Aplikasi yang terverifikasi keamanannya aja ya," tulis cuitan dalam akun Twitter @CCICPolri. 

Lebih lanjut dijelaskan dalam grafis yang diunggah, sebuah laporan menunjukkan adanya laporan aplikasi berbahaya berkedok siaran sepakbola namun ilegal. Pada aplikasi tersebut disusupkan Malware Zombinder.

Malware tersebut memungkinkan pelaku kejahatan cyber untuk mengikat Malware ke aplikasi yang ada pada perangkat korban dan juga memiliki fungsionalitas penuh pada aplikasi asli guna menghindari kecurigaan.

Sejauh ini, dari laporan yang ada telah banyak korban yang terserang Zombinder. Pelaku kegiatan cyber menyebarkan  Malware melalui aplikasi streaming sepak bola palsu dan versi aplikasi Instagram yang telah dimodifikasi.

Baca Juga : Kuusut Sampai Tuntas

"Malware ini diklaim tidak dapat terdeteksi saat runtime dan dapat melewati peringatan google protect atau antivirus yang berjalan diperangkat target," info dala grafis yang diunggah.

Sementara itu, juga dijelaskan bagaimana proses infeksi Malware Zombinder. Loader Malware disamarkan untuk menghindari deteksi.  Sehingga saat korban membuka aplikasi itu loader akan menampilkan prompt untuk menginstal plugin. 

"Jika prompt diterima, maka loader akan langsung memasang payload berbahaya dan mengoperasikan pada latar belakang perangkat," cuit dalam penjelasan dalam grafis.


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri