Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Era 5G, Hasil Survei Ungkap Masih Ada yang Enggan Gunakan Jaringan Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

31 - Dec - 2022, 17:48

Placeholder
Ilustrasi jaringan 5G (pixabay)

JATIMTIMES - Perkembangan jaringan internet seluler kini kian berkembang. Bukan lagi jaringan 4G, namun kini telah berkembang dan masuk era 5G. Hasil survei sebuah perusahaan riset digital Populix, terkuak jika masiha ada 8 persen masyarakat yang enggan untuk memakai jaringan 5G.

Seperti diketahui, jaringan 5G sendiri memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan 4G. Dalam hal kecepatan, tentu jaringan 5G lebih cepat serta memiliki latensi (keterlambatan) yang lebih rendah hingga kemampuan untuk terhubung dengan perangkat yang lebih banyak.

Baca Juga : Bukan K-Pop, Survei GWI: Gen Z Malah Lebih Suka Genre Musik Pop 

Dari laporan survei Populix yang melibatkan 100 responden dan dipublikasi di laman resminya, 8 persen masyarakat yang tidak mau menggunakan jaringan 5G karena beberapa alasan.

Alasan pertama yang mendasari responden enggan memakai jaringan 5G adalah karena akses internet yang masih terbatas. Alasan tersebut disampaikan oleh 53 persen dari 8 persen responden yang enggan menggunakan jaringan 5G.

Alasan selanjutnya adalah, responden menilai jika biaya jaringan 5G akan lebih mahal. Hal ini disampaikan oleh 39 responden dari 8 persen responden yang enggan menggunakan jaringan 5G.

Sementara, mereka yang beralasan belum familiar dengan teknologi jaringan 5G disampaikan oleh 36 persen dari 8 responden yang enggan menggunakan jaringan 5G. Selain itu, ada juga yang beralasan takut terkena dampak kesehatan radiasi. Mereka yang menyampaikan hal ini ada 17 persen.

"Untuk itu, pentingnya sinergi dari pemerintah, penyedia layanan, hingga lembaga-lembaga masyarakat untuk melakukan sosialisasi seputar jaringan 5G agar masyarakat teredukasi dengan baik," kutip laporan Populix.

Baca Juga : Bukan K-Pop, Survei GWI: Gen Z Malah Lebih Suka Genre Musik Pop 

Sementara, ada juga mereka yang masih belum mengetahui adanya jaringan ini, mencapai 9 persen. Adan 12 persen responden mengaku masih ragu. Dan ada 79 persen responden menyampaikan mereka mengetahui tentang perkembangan jaringan ini. 

Sedang untuk mereka yang antusias menggunakan jaringan 5G ada 92 persen responden. Banyaknya responden yang tertarik mengunakan jaringan 5G tentu tak lepas dari sejumlah keunggulan jaringan ini. 


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri