07/12/2022 Pemuda Cianjur Edarkan Rokok Ilegal di Gresik | Jatim TIMES

Pemuda Cianjur Edarkan Rokok Ilegal di Gresik

Nov 24, 2022 20:28
Ratusan bungkus rokok tanpa cukai diamankan di Kantor Kejari Gresik, Kamis (24/11/2022). (Foto : Syaifuddin Anam/Jatimtimes).
Ratusan bungkus rokok tanpa cukai diamankan di Kantor Kejari Gresik, Kamis (24/11/2022). (Foto : Syaifuddin Anam/Jatimtimes).

Pewarta: Syaifuddin Anam | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Sopiyulloh segera diseret ke kursi pesakitan Pengadilan Negeri Gresik. Pria asal Cianjur, Jawa Barat, itu tertangkap mengedarkan rokok ilegal tanpa dilengkapi pita cukai.

Sebelumnya, pria berpawakan kurus tersebut ditangkap tim penindakan dan penyidikan wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur di Kabupaten Gresik. Saat ini kasus tersebut sudah masuk tahap dua.

Baca Juga : 1 Hari Gelar Donasi Cianjur di Nobar Piala Dunia, Dinsos Jember Kumpulkan Rp 8 Juta Lebih

Tersangka dan barang bukti sebanyak 208 ribu batang rokok ilegal berbagai merek telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Gresik. Dalam waktu dekat, perkara tersebut segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Gresik.

"Total kerugian negara sebesar Rp 148 juta lebih," kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Gresik Alifin N. Wanda, Kamis (24/11/2022).

Alifin menyampaikan, tersangka bertempat tinggal di Cianjur, Jawa Barat. Namun, lokasi peredaran rokok ilegal tanpa cukai itu sampai ke Gresik. Saat mengedarkan rokok ilegal, tersangka menggunakan sebuah kendaraan roda empat. "Saat beraksi, tersangka menggunakan mobil dengan pelat nomor palsu," imbuhnya.

Baca Juga : Sebulan Jelang Tutup Buku, Pajak Penerangan Jalan Sudah Surplus Rp 4,9 Miliar

Karena perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 54 Undang-Undang No 39/2007 tentang Perubahan Undang-Undang No 11 Tahun 1995 tentang cukai.

Judul berita Pemuda Cianjur Edarkan Rokok Ilegal di Gresik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
rokok ilegal Berita Gresik

Berita Lainnya