Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Rebut Kherson dari Rusia, Presiden Ukraina: Awal dari Akhir Perang

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

15 - Nov - 2022, 09:36

Placeholder
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Ukraina berhasil merebut kembali wilayah yang sempat dikuasai oleh Rusia, yaitu Kherson. Perebutan kembali kota selatan Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang dikuasai pasukan Moskow, merupakan pukulan besar bagi serangan Putin.

Dalam kunjungan ke Kherson pada hari Senin (14/11/2022) itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pembebasan kota itu adalah 'awal dari akhir perang'. Tak hanya itu, Zalensky mengatakan, kedatangan Rusia ke wilayah Kherson itu benar-benar mengobrak abrik infrastruktur yang ada.

Baca Juga : Iwan Fals Singgung Ijazah Palsu saat Konser, Siapa Sasarannya?

"Sebelum musim dingin, penjajah Rusia benar-benar menghancurkan semua infrastruktur penting. Benar-benar semua fasilitas penting di kota dan wilayah itu ditambang," katanya.

Lebih lanjut, Zalensky mengatakan akibat pengobrak abrikan yang dilakukan Rusia membuat Kherson kehilangan akses internet dan juga listrik. Zalensky menyebut Rusia menghancurkan semuanya itu dengan sengaja dan tanpa belas kasihan.

"Tidak ada listrik, tidak ada komunikasi, tidak ada internet, tidak ada televisi. Penjajah menghancurkan semuanya sendiri dengan sengaja," tuturnya.

Kemudian, atas hancurnya semua infrastruktur penting di Kherson itu, Zalensky menyebut maksud dari bendera Rusia adalah kehancuran. "Inilah yang dimaksud dengan bendera Rusia, kehancuran total," kata Zelensky seraya menjanjikan kembalinya kehidupan normal.

Perusahaan energi nasional Ukraina Ukrenergo mengatakan, Rusia telah menghancurkan infrastruktur energi utama yang memasok seluruh tepi kanan wilayah Kherson dan sebagian besar wilayah Mykolaiv.

Baca Juga : Jokowi Beserta Keluarga Jamu Presiden Uni Emirat Arab (UEA) di Rumah Pribadinya di Solo

"Sebagian besar wilayah Kherson yang dibebaskan telah tanpa listrik sejak 6 November," kata Kepala Ukrenergo Volodymyr Kudrytskyi.

Volodymyr kemudian mengatakan akan memberikan pasokan listrik secepat mungkin untuk Kherson. "Kami melakukan yang terbaik untuk memasok listrik kepada orang-orang sesegera mungkin," imbuhnya.


Topik

Internasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana