30/01/2023 Momentum Sumpah Pemuda 2022, Bupati Tulungagung Ajak Pemuda Aktif Warnai Pembangunan | Jatim TIMES

Momentum Sumpah Pemuda 2022, Bupati Tulungagung Ajak Pemuda Aktif Warnai Pembangunan

Oct 28, 2022 15:43
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 di halaman Kantor Pemkab Tulungagung. Jumat, 28/10/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 di halaman Kantor Pemkab Tulungagung. Jumat, 28/10/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 mempunyai perjalanan sejarah panjang bagi perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam rangka mengingat, mengisi dan memaknai sejarah perjuangan bangsa itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengajak seluruh pemuda khususnya di Tulungagung agar aktif dalam mewarnai pembangunan daerah.

"Dengan perjalanan sejarah yang sangat panjang ini, saya mengajak pemuda Tulungagung agar  aktif mewarnai pembangunan daerah, baik pembangunan infrastruktur maupun pembanguan sosial kemasyarakatan," kata Maryoto usai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 di Halaman Kantor Pemkab, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga : Ada Ratusan Insiden Bencana Alam di Kabupaten Malang per Tahun, Ronda Malam Bakal Lebih Digiatkan

Berdasarkan sejarah, lanjutnya, proklamasi kemerdekaan Indonesia diawali dari adanya persatuan pemuda pada masa itu yang kemudian di kenal dengan ikrar Sumpah Pemuda. Artinya, bahwa pemuda mempunyai peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dan keren pemuda sangat dibutuhkan dalam rangka membangun bangsa.

Oleh karena itu, para pemuda di masa sekarang harus betul-betul memanfaatkan hasil dari peristiwa bersejarah tersebut, yang mana ikrar sumpah pemuda adalah buah dari persatuan para pemuda waktu itu untuk merintis Kemerdekaan Indonesia.

"Dan peristiwa itulah, maka dijadikan rujukan untuk proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, dan peristiwa itu adalah sesuatu hal yang luar biasa," ucapnya.

Maryoto mengajak seluruh pemuda di masa sekarang untuk meneruskan dan mengisi hasil dari rintisan para pemuda terdahulu, yaitu ikrar sumpah pemuda yang menjadi tonggak sejarah dalam mendirikan sebuah bangsa.

"Pada 2022 ini, kita sudah memperingati Sumpah Pemuda yang ke- 94. Pesan untuk pemuda Tulungagung, marilah kita bersama-sama mengisi pembangunan karena peran pemuda itu sangat penting dalam membangun bangsa," imbuh Maryoto.

Baca Juga : Peringati Sumpah Pemuda, ASN Pemkot Batu Kenakan Pakaian Adat Indonesia

Dia menambahkan, jika pemuda zaman dahulu, motivasi untuk membangun persatuan adalah semangat untuk membentuk sebuah negara yang ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Namun, untuk pemuda saat ini motivasi persatuannya adalah bersama-sama meneruskan mengisi sejarah perjuangan bangsa dengan aktif dalam pembangunan daerah.

Sekedar informasi, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 di Kabupaten Tulungagung dilaksanakan di halaman Kantor Pemkab setempat. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan dikuti oleh jajaran Forkopimda, Wabup, Sekda, ASN lingkup Pemkab, TNI, Polri dan perwakilan berbagai organisasi kepemudaan.

Judul berita Momentum Sumpah Pemuda 2022, Bupati Tulungagung Ajak Pemuda Aktif Warnai Pembangunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Sumpah Pemuda Bupati Tulungagung

Berita Lainnya