Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Sambut Kunker Bupati Lebak, Bahas Langkah Sukses Tingkatkan PAD di Kota Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

19 - Oct - 2022, 16:56

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) saat memberikan cinderamata kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Ruang Sidang Balaikota Malang, Rabu (19/10/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyambut langsung kunjungan kerja (kunker) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Banten yang dipimpin langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Ruang Sidang Balaikota Malang, Rabu (19/10/2022). 

Kunker dari Pemkab Lebak ke Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu dalam rangka belajar dan membahas terkait cara-cara sukses Pemkot Malang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ke depan dapat menjadi referensi Pemkab Lebak dalam menentukan kebijakan peningkatan PAD. 

Baca Juga : Banjir Melanda di Jatim, Ketua PKS Minta Semua Relawan Turun Membantu

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang itu menyampaikan, keberhasilan Kota Malang dalam meningkatkan PAD dilakukan dengan berbagai terobosan hingga inovasi melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Salah satunya yang terus dilakukan yakni Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). 

Menurutnya, sistem pemerintahan yang dibangun dengan cara komunikasi kolaborasi hexahelix merupakan sebuah model yang terus dikuatkan di Kota Malang. Hal itu juga menjadi modal Pemkot Malang dalam mendorong peningkatan PAD. 

"Kemandirian fiskal menjadi sangat penting dan terus didorong melalui berbagai terobosan dan inovasi penguatan PAD," ujar Sutiaji.

Pihaknya menjelaskan, Pemkot Malang juga terus melakukan pembenahan secara terus menerus terhadap kendala lazim dalam pengelolaan pajak daerah yang terjadi, melalui penguatan di berbagai sisi dan aspek. 

Menurutnya, terdapat beberapa arah penguatan di berbagai sisi dan aspek. Di antaranya dengan optimalisasi teknologi informasi, penguatan penegakan hukum dan reformasi administrasi perpajakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Foto bersama.

Selain tiga hal itu, Sutiaji juga menyebutkan bahwa kerja sama dengan instansi, optimalisasi peran serta wilayah dan lembaga kemasyarakatan, penyesuaian dasar pengenaan, inovasi kemudahan layanan bagi wajib pajak, serta intensifikasi dan ekstensifikasi menjadi arah penguatan yang terus dilakukan oleh Pemkot Malang. 

Lebih lanjut, menurut Sutiaji bahwa sistem ETPD yang terus dilakukan merupakan suatu upaya Pemkot Malang dalam mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi non tunai atau berbasis digital. 

Terdapat beberapa bentuk ETPD yang bertujuan untuk meningkatkan PAD. Di antaranya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang secara Elektronik (E-SPPT) dan open payment sebagai solusi pembayaran pajak daerah melalui tempat pembayaran yang dikoordinir oleh bank persepsi. 

Baca Juga : Bupati Jombang Membuka Business Gathering Pameran Produk Unggulan Kota Santri

Kemudian, elektronik-Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (e-BPHTB) yang merupakan pelayanan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan secara elektronik atau digital, serta e-TAX yakni sistem atau aplikasi perekaman transaksi wajib pajak secara online.

Sebagai informasi, dalam rangkaian kunker tersebut, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi jajaran OPD terkait serta Ketua DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Agil Zulfikar. 

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Malang Abdurrahman juga hadir dalam sambutan kunker tersebut. Selain itu, jajaran Kepala OPD Kota Malang juga hadir, yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Handi Priyanto, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) M Subhan serta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) R Widjaja Saleh Putra. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri