Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Warga Sambat Gatal Paska Banjir Sitiarjo, Bupati Malang Sediakan Posko Kesehatan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

16 - Oct - 2022, 17:18

Placeholder
Bupati Malang HM Sanusi (pakai rompi biru dongker) saat menyerahkan paket sembako kepada perwakilan warga yang terdampak banjir Sitiarjo.

JATIMTIMES - Bupati Malang HM Sanusi beserta Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto dan beberapa pihak terkait melakukan peninjauan langsung ke lokasi banjir Sitiarjo, Minggu (16/10/2022).

Selain meninjau ke titik terparah terjadinya banjir, yakni di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini juga memberikan bantuan berupa paket sembako dan beberapa kebutuhan mendesak kepada warga yang terdampak banjir.

Baca Juga : Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Provinsi, BPBD Kabupaten Malang: 12 KK Terdampak Material Longsor

 

"Hari ini kami melihat langsung keadaan di lapangan dan tentunya ada bantuan yang harus kita lakukan. Utamanya nanti soal kebutuhan pangan," kata Sanusi saat berada di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir Sitiarjo, Minggu (16/10/2022).

Terkait kebutuhan pasokan makanan, selain menyediakan beberapa paket sembako, pihaknya mengaku juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang untuk mendirikan dapur umum. Lokasinya ada di Balai Desa Sitiarjo.

"Terimakasih kepada para sukarelawan yang telah membantu kepada sesama. Utamanya membantu dari segi kemanusiaan," ucapnya.

Di sisi lain, guna memastikan kesehatan warganya paska terdampak banjir, Sanusi meminta kepada BPBD Kabupaten Malang dan instansi terkait termasuk Puskesmas Sitiarjo untuk mendirikan Posko Kesehatan.

"Selain memastikan kebutuhan makanan dan logistik, kami juga perlu memperhatikan faktor kesehatan. Maka perlu untuk didirikan Posko Kesehatan, dan saat ini sudah ada," terangnya.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menuturkan, keberadaan Posko Kesehatan menjadi salah satu sektor yang perlu disiagakan saat terjadi bencana. Terutama paska musibah banjir. Hal itu dijelaskan Sanusi, lantaran dari beberapa analisanya selama ini, pada hari ke-3 setelah bencana banjir para warga biasanya akan mengeluh gatal dan diare.

"Saat ini hari ke-2, biasanya pada hari ketiga muncul penyakit diare sama penyakit kulit. Penyebabnya akibat terendam air. Sehingga posko kesehatan harus dipersiapkan," jelasnya.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 16 Oktober 2022: Aldebaran Datangi Kantor Polisi, Ancaman Datang Via Telepon

 

Sekedar informasi, sebelum melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi banjir, bupati beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk membagikan beberapa paket sembako kepada perwakilan warga yang terdampak banjir.

Setelahnya, mobil yang ditumpangi Bupati Malang dan rombongan bergeser ke beberapa titik banjir Sitiarjo. Yakni di titik terparah yang ada di Dusun Rowotrate, sebelum akhirnya beranjak usai melakukan koordinasi dengan beberapa pihak yang mendampinginya saat melakukan peninjauan.

"Terimakasih sudah bergotong-royong memberikan yang terbaik kepada mereka yang membutuhkan," tutup Sanusi.

Sementara itu, Sanuri salah satu warga Dusun Rowotrate mengaku merasakan gatal di area kakinya. Hal itu dia rasakan saat membersihkan material banjir berupa air dan lumpur yang masuk kedalam rumahnya.

"Selain membutuhkan pasokan makanan karena belum bisa masak, warga di sini rata-rata juga membutuhkan obat-obatan. Terutama obat gatal, di sini kan banyak ladang, sehingga air banjir yang meluap dari sungai menyebabkan gatal-gatal," tukasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana