Sungai di Jombang Diselimuti Lumut Kecokelatan Sepanjang 1 Km | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sungai di Jombang Diselimuti Lumut Kecokelatan Sepanjang 1 Km

Sep 23, 2022 16:05
Kondisi Sungai Mojoranu di Desa Tanggalrejo, Mojoagung, Jombang yang berwarna kecokelatan. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Kondisi Sungai Mojoranu di Desa Tanggalrejo, Mojoagung, Jombang yang berwarna kecokelatan. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Fenomena aneh kembali terjadi di Sungai Mojoranu di Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Permukaan air di sungai ini diselimuti lumut yang berwarna kecokelatan. Bahkan, lumut yang menyelimuti permukaan air sungai ini mencapai 1 Km ke arah hilir.

Fenomena itu sudah terjadi sejak 3 hari lalu. Sungai seluas 8 meter itu berwarna kecokelatan di bagian permukaan air. Kondisi tersebut terlihat dari depan pintu air atau Dam Songkar di Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo hingga sejauh 1 Km ke arah barat atau mengarah ke Dam Kalibening.

Baca Juga : Teknologi TPA Sanitary Landfill Program Eric-SWM di Jombang Diresmikan

"Sudah 3 harian seperti ini, berwarna merah kecokelatan," terang  Ilma Khoirunisa (16) pelajar yang melintasi Sungai Mojoranu kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Ilma mengatakan, meski warna air berwarna kecokelatan namun tidak memunculkan bau busuk. Hanya saja mengganggu pemandangan orang yang melintas. "Ndak bau, cuman mengganggu penglihatan," tandasnya.

Kades Tanggalrejo Dimas Wahyu Ramadhana membenarkan fenomena permukaan air yang berwarna kecokelatan itu. Kepada wartawan, ia menunjukkan air yang diambilnya langsung dari Sungai Mojoranu. Air yang diambilnya itu terdapat lumut. Sedangkan kondisi air normal tidak ada perubahan warna. Begitu juga aroma air tidak berbau busuk.

"Kondisi air biasa-biasa saja. Berdasar informasi teman-teman kok katanya di lokasi sungai Dam Songkar ada warna yang aneh. Setelah kita cek ternyata ada warna merah kecokelatan. Tapi kayaknya itu lumut. Kalau kondisi air tidak berbau," terangnya.

Dimas mengatakan, kondisi Sungai Mojoranu berwarna kecokelatan ini sudah terjadi 2-3 hari lalu. Saat ini ia sudah mengambil sampel air dan menghubungi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang.

Baca Juga : Cara Pakai Mascara Bagian Bawah Bulu Mata, Anti Bleber Bisa Pakain Brush Ini

"Kita ambil sampel. Dinas Lingkungan Hidup juga mau ke sini untuk ambil sampel air. Kita belum tahu penyebabnya," kata Dimas.

Sungai Mojoranu tersebut sebelumnya juga mendadak berubah warna merah darah pada 25 Februari 2022 lalu. Yaitu di sekitar 20 meter sebelah timur Dam Songkar atau Dam Mojoranu.

Fenomena Sungai Mojoranu berwarna merah darah itu hanya berlangsung 5 jam saja. Zat yang menyebabkan air sungai berubah warna itu keluar dari dasar sungai. Air berwarna merah darah itu mengalir sejauh 3 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sungai mojoranu jombang fenomena aneh sungai

Berita Lainnya