Kado Istimewa, PMI Kota Batu Akhirnya Miliki Unit Transfusi Darah | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kado Istimewa, PMI Kota Batu Akhirnya Miliki Unit Transfusi Darah

Sep 23, 2022 15:51
Suasana donor darah di PMI Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana donor darah di PMI Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI) yang digelar Jumat (23/9/2022) ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. PMI Kota Batu akhirnya memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) setelah 20 tahun dinanti-nanti.

UTD hadir di kantor PMI Cabang Kota Batu lokasinya berada Jalan Kartini, Kecamatan Batu, Kota Batu berhadapan langsung dengan RS Bhayangkara Hasta Brata. Jadi bagi yang mencari darah atau mendonorkan darah bisa langsung di sana.

Baca Juga : Beredar Info Farel Prayoga Manggung di Bondowoso, Ini Kata Penyelenggara Pasar Rakyat

“Sebelumnya kan kalau mau donor harus ke jejaring terdekat. Seperti PMI Kota Malang atau Kabupaten Malang. Nah sekarang sudah bisa dilakukan sendiri,” ucap Ketua PMI Kota Batu, Punjul Santoso.

Dengan hadirnya UTD ini masyarakat tidak perlu jauh-jauh mendonorkan darahnya atau mencari daerah. Sekaligus ini juga mempermudah dan mempercepat bagi rumah sakit di Kota Batu yang sedang membutuhkan darah.

“Di Kota Batu ini sudah ada UTD, untuk masyarakat yang membutuhkan darah tidak perlu jauh-jauh untuk ke luar wilayah. Masyarakat yang mau mendonorkan darah juga bisa ke PMI,” imbuh Punjul.

Meski demikian, untuk peralatan UTD ini masih pinjam dari PMI Cabang Kabupaten Malang. Di Kota Batu saat ini terdapat 1.705 orang pendonor aktif.

Rata-rata setiap harinya ada 3-5 pendonor yang mendatangi markas PMI tersebut. Sedang dalam memperingati HUT PMI ke-77 PMI Kota Batu menggelar upacara peringatan di halaman rumah dinas Wali Kota Batu.

Baca Juga : Viral Anak SD Dipalak Saat Akan Naik Angkot di Malang, Polisi Turun Tangan

Upacara dipimpin langsung oleh Punjul yang juga Wakil Wali Kota Batu. Pada peringatan ini mengambil tema ‘Terus Tebar Kebaikan’. Hal ini merujuk pada semangat dan komitmen untuk senantiasa mendarmabaktikan diri dalam berbuat kebaikan.

“Di ulang tahun PMI yang ke-77 ini saya menghimbau kepada seluruh  stakeholder, baik dari relawan, pengurus PMI dan instansi terkait untuk bersama-sama menebar kebaikan,” terang Punjul.

Pada upacara ini diikuti oleh pengurus PMI Kota Batu, pramuka, organisasi masyarakat, Palang Merah Remaja, BPBD dan perwakilan siswa SMP dan SMA di Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PMI Kota Batu Punjul Santoso

Berita Lainnya