26/11/2022 Jalan Nasional di Jombang Dibenahi, Cek Pengalihan Arus Lalin Agar Tak Macet | Jatim TIMES

Jalan Nasional di Jombang Dibenahi, Cek Pengalihan Arus Lalin Agar Tak Macet

Sep 21, 2022 18:28
Anggota Satlantas Polres Jombang melakukan rekayasa lalin di Jalan Raya Desa Jatipelem, Diwek. (Foto: Adi Rosul/ JombangTIMES)
Anggota Satlantas Polres Jombang melakukan rekayasa lalin di Jalan Raya Desa Jatipelem, Diwek. (Foto: Adi Rosul/ JombangTIMES)

Pewarta: Adi Rosul | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Ruas jalan nasional Surabaya-Madiun di Jombang dibenahi. Jalan arteri di Desa Jatipelem, Diwek, Jombang menuju Nganjuk ini hanya berfungsi satu ruas jalan. Untuk menghindari kemacetan, polisi telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto mengatakan, ada perbaikan jalan di ruas jalan nasional mulai dari simpang tiga Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek hingga Desa Gelagahan, Kecamatan Perak sejauh 2 Km.

Baca Juga : Peringati Hari Widyaiswara Nasional Ke-22, Gubernur Khofifah Komitmen Kembangkan Kompetensi dan Profesionalitas Widyaiswara

Perbaikan jalan yang sudah berlangsung seminggu ini baru pada tahap pengecoran di lajur sebelah kiri. Yaitu dari timur ke barat atau dari Jombang menuju Nganjuk. "Pengecoran diperkiran sampai pertengahan Desember 2022," ujarnya kepada wartawan, Rabu (21/09/2022).

Karena perbaikan jalan itu, hanya separuh badan jalan yang bisa dilalui kendaraan. Yaitu jalur barat ke timur atau dari Nganjuk menuju Jombang.

Oleh sebab itu, Rudi menerapkan skema rekayasa lalu lintas di lokasi tersebut agar tidak terjadi kemacetan panjang selama proyek berjalan. Skema rekayasa lalin pertama adalah melakukan sistem buka tutup di ruas jalan tersebut.

"Kalau kondisi lalu lintas normal kita lakukan sistem buka tutup saja, bergantian," terangnya.

Dikatakan Rudi, pihaknya juga menerapkan skema rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan dari Jombang maupun dari arah sebaliknya jika terjadi penumpukan kendaraan di jalan tersebut. Yakni kendaraan dari arah Jombang menuju Nganjuk akan dialihkan dari simpang tiga Desa Jatipelem menuju ke selatan atau arah Gudo.

Baca Juga : Mucikari pada Kasus Jaksa Cabuli Remaja Pria di Jombang Dituntut 1 Tahun Penjara

Sesampainya di simpang tiga Desa Tanggungan, Gudo kendaraan akan diarahkan ke kanan atau menuju Stasiun Sembung, Kecamatan Perak. Dari situ kendaraan akan langsung bertemu dengan ruas jalan nasional Surabaya-Madiun menuju barat atau arah Nganjuk.

Kemudian dari arah Nganjuk, kendaraan roda 4 akan diarahkan masuk ke gerbang tol Bandar Kedungmulyo yang akan menuju Surabaya. Sedangkan kendaraan roda dua akan diarahkan masuk ke Jalan Pasar Jeruk, Desa/Kecamatan Perak menuju ke utara atau arah Desa Ngerandu, Kecamatan Perak. Dari sini, kendaraan langsung keluar ke Jalan Raya Tunggorono, Jombang.

"Kalau dari arah Nganjuk itu ada dua alternatif. Pertama masuk tol Bandar Kedungmulyo. Yang kedua lewat Pasar Jeruk Perak terus ke utara sampai ke Pos Lantas Ngerandu," pungkasnya.(*)

Judul berita Jalan Nasional di Jombang Dibenahi, Cek Pengalihan Arus Lalin Agar Tak Macet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Perbaikan Jalan perbaikan jalan di jombang

Berita Lainnya