05/02/2023 21 Bakal Calon Anggota Legislatif Daftar di PDI Perjuangan Banyuwangi | Jatim TIMES

21 Bakal Calon Anggota Legislatif Daftar di PDI Perjuangan Banyuwangi

Sep 19, 2022 19:41
Suasana pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Suasana pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES - Hingga Senin (19/09/2022) jumlah Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang mendaftar di kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Banyuwangi tercatat ada 21 orang.

Ketua Panitia Pendaftaran Caleg PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi Ir H Eko Sukartono mengungkapkan panitia telah melakukan rapat seleksi Bacaleg.

Baca Juga : Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BPJS Ketenagakerjaan Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

"Jumlah pendaftar Caleg sampai hari ini 21. Caleg DPR RI satu orang, DPRD Provinsi satu orang dan DPRD Kabupaten sembilan belas orang,” jelasnya.

Sementara I Made Cahyana Negara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi kepada sejumlah wartawan mengungkapkan sesuai dengan rapat PDI Perjuangan memberi ruang untuk melakukan penjaringan Bacaleg untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

“Mulai hari Selasa (13/09/2022) kemarin sampai akhir September menggelar penjaringan atau secara online. Sehingga data sudah masuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan semua,” jelas Made.

Syarat bagi pendaftar, lanjutnya, harus melengkapi syarat administrasi. Jajaran pengurus dan panitia penjaringan juga akan membantu atau mendampingi para Bacaleg dalam mengisi data secara online, karena ini semua merupakan sistem dari DPP.

Selain itu, pendaftaran Bacaleg PDI Perjuangan ini bersifat terbuka untuk semua kalangan masyarakat. Jajaran pengurus sudah melakukan sosialisasi melalui Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga : Songsong Bonus Demografi, Kampus IAIDA Blokagung Banyuwangi Gelar Stadium Generale

Karena bersifat terbuka dalam melakukan penjaringan, maka PDI Perjuangan tidak mematok jumlah Bacaleg dari internal dan eksternal. Nantinya, akan ada pembobotan skoring dari internal adapun external hingga penyampaian visi dan misi yang diharuskan seideologi dengan PDI Perjuangan.

"Yang pasti kewenangan DPC hanya melakukan penjaringan dan tidak melakukan penyaringan. Sehingga kalau ada pendaftar maka kita jaring semua dan nanti DPP yang menyaring melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Timur.  Kuota 50 orang di Kabupaten Banyuwangi maka tetap ada tahapan penyaringan,” imbuh Made.

Selanjutnya, politisi asal Ketapang itu menambahkan saat ini pihaknya sedang melakukan penjaringan. Sehingga, tidak ada batasan Bacaleg yang akan mendaftar dan DPP PDI Perjuangan pun tidak menargetkan jumlah pendaftar.

Judul berita 21 Bakal Calon Anggota Legislatif Daftar di PDI Perjuangan Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Banyuwangi JATIMTIMES

Berita Lainnya