26/11/2022 Tebing di Ngantang Ambles, 3 Rumah Warga Terdampak Longsor | Jatim TIMES

Tebing di Ngantang Ambles, 3 Rumah Warga Terdampak Longsor

Sep 16, 2022 19:12
Personel gabungan saat mengevakuasi bencana tanah longsor di Kecamatan Ngantang. (Foto : PMI Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Personel gabungan saat mengevakuasi bencana tanah longsor di Kecamatan Ngantang. (Foto : PMI Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

Pewarta: Ashaq Lupito | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Kejadian retaknya sebuah tebing di Dusun Ganten, Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang,  menyebabkan peristiwa susulan berupa tanah longsor.

Tepatnya, setelah kejadian tanah ambles pada Jumat (16/9/2022) pagi, siang hari menjelang sore sekitar pukul 14.00 WIB tiga rumah warga dikabarkan terdampak tanah longsor.

Baca Juga : Cedera Engkel, Arthur Irawan Absen Hadapi Arema

"Adanya tanah retak atau ambles di Dusun Ganten tersebut membuat tiga rumah dan kandang sapi terdampak tanah longsor," kata Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang Aprilijanto saat di konfirmasi JatimTIMES.com, Jumat (16/9/2022).

Pria yang akrab disapa April ini menambahkan, guna mengantisipasi adanya bencana longsor susulan,  wilayah tebing yang ambles saat ini ditutup menggunakan terpal. "Tujuannya agar saat terjadi hujan tidak menimbulkan longsor susulan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menuturkan, bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Ganten, Kecamatan Ngantang, diduga disebabkan  adanya curah hujan yang tinggi selama beberapa hari belakangan ini.

"Dugaan sementara tanah longsor disebabkan karena tergerus air hujan. Akibatnya terjadi retakan atau pergeseran tanah di sekitar tebing yang digunakan sebagai tempat membangun kandang sapi oleh warga," jelasnya.

Sementara itu, hingga Jumat (16/9/2022) sore personel gabungan dari BPBD, PMI Kabupaten Malang, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Ngantang, anggota koramil hingga perangkat Desa Tulungrejo beserta warga sudah mengevakuasi material dan bangunan akibat insiden tanah longsor tersebut.

Selain itu, personel gabungan  sempat melakukan rapat koordinasi di Bale Desa Tulungrejonguna membahas langkah antisipasi longsor susulan.

Baca Juga : Kebakaran Gudang Pabrik Kertas di Wagir Cukup Susah Dipadamkan

Salah satu langkah yang diambil adalah membongkar bangunan kandang sapi yang ada di atas lereng atau tebing. Tujuannya untuk mengurangi beban yang dapat memicu bencana susulan.

"Nihil, tidak ada korban jiwa. Material longsor menimpa bagian belakang rumah warga. Sampai saat ini beberapa rumah warga yang terdampak masih bisa ditempati," tukasnya.

Sebagaima yang sudah diberitakan, Jumat (16/9/2022) pagi sebuah tebing di Dusun Ganten, Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang ambles. Tepatnya di sebuah lereng setinggi tujuh meter mengalami ambles sepanjang kurang lebih 20 meter.

Retakan tanah sepanjang puluhan meter itulah, yang pada siang harinya dikabarkan mengalami longsor dan menimpa beberapa rumah warga yang ada di bawahnya.

Judul berita Tebing di Ngantang Ambles, 3 Rumah Warga Terdampak Longsor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Tebing ambles Rumah terancam longsor

Berita Lainnya