Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Gubernur Jatim Khofifah Ingatkan Tiga Krisis di Indonesia jang Menjadi Tantangan Kader PMII untuk Mencari Solusi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Aug - 2022, 21:00

Placeholder
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat wawancara dengan wartawan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi (Foto: Nurhadi BanyuwangiTIMES)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengingatkan setidaknya 3 (tiga) krisis yang bakal dihadapi Indonesia yang menjadi tantangan seluruh kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) untuk bersama-sama menghadapi dan mencari solusi.

Gubernur Jatim, Khofifah membeberkan, tiga tantangan krisis itu meliputi krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan. Dia mengungkapkan tiga krisis telah terjadi dan dialami beberapa negara, sehingga memberi dampak pada inflasi yang cukup tinggi.

Baca Juga : Semarak HUT RI ke-77, FIFGROUP Tebar 17.845 Paket Sembako Nusantara 2022 di 168 Titik

Ungkapan  tersebut disampaikan Gubernur Khofifah saat menghadiri acara sarasehan pergerakan dengan tema “Pembangunan dan Demokrasi dalam Harmoni Pergerakan”,  yang digelar PKC PMII Jatim di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Selasa (23/8/2022).

"Oleh karena itu mari kita lakukan pemetaan seberapa banyak kita punya potensi baik itu Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa memberikan penguatan di sektor pangan,"  jelas Khofifah.

Khofifah melanjutkan, dengan SDA dan SDM yang handal diharapkan bisa memberikan penguatan di sektor energi. Termasuk renewable energi, bagaimana meng-konversi dari energi berbasis fosil ke energi baru  terbarukan.

"Apakah berbasis air? karena kita punya sumber daya yang luar biasa. Kemudian sumber angin misalnya dan kita juga punya sumber daya alam lain, yang memungkinkan untuk bisa mensubstitusi dari migas yang berbasis fosil," imbuh Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) .

Khofifah melanjutkan, inflasi cukup tinggi bisa saja terjadi di Indonesia seperti yang dirasakan di berbagai negara. Meski saat ini kondisi inflasi di Indonesia masih terkendali di angka 4,9 persen.

"Tentu kita berharap bahwa proses pengendalian inflasi oleh kabupaten kota dan provinsi. Terutama kepala daerah ini punya tugas yang tidak ringan untuk bisa mengendalikan," tambahnya.

Sedangkan pekerjaan rumah (PR) untuk kader PMII di pusat, provinsi dan yang ada di kabupaten /kota dalam menghadapi tantangan krisis tersebut agar  dipersiapkan dari sekarang.

Baca Juga : Polres Pamekasan Tangkap 16 Orang yang Kedapatan Main Judi

"Kan ini banyak tuh mahasiswa dari berbagai fakultas. Jadi diidentifikasi saja, mungkin memang dari basic di sektor pangan, maka mereka akan menyiapkan diri, karena ini bukan hanya jangka pendek tapi ini jangka panjang," imbuh Khofifah.

Khofifah membeberkan, tantangan krisis energi bahkan telah diwarning oleh mantan Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid, yang akrab disapa Gus Dur. Dimana pada sidang kabinet di tahun 2000, Gus Dur mengatakan jika Indonesia bakal menghadapi krisis energi.

Artinya, lanjut Khofifah, bahwa hal itu sudah bisa diprediksi, jika tidak ada konversi dari energi berbasis fosil ke energi baru terbarukan maka bisa terjadi krisis energi.

"Ini yang menjadikan inovasi menjadi penting, kenapa ada Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN (BRIN), karena inovasi-inovasi untuk mengkonversi dari fosil ke non fosil dan Indonesia mempunyai kemampuan untuk itu," tutur Khofifah dengan sangat yakin.

Khofifah juga menambahkan, strategi penanganan menghadapi tantangan krisis tersebut juga telah disampaikan Presiden Joko Widodo. Presiden bahkan telah memberikan peringatan agar mempersiapkan diri sejak dini.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni