Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Komunitas

Makrame Kreatif Mandiri Gelar Workshop Inovasi Seni Kerajinan bagi Disabilitas dan Perempuan

Penulis : edwarman jtn - Editor : Dede Nana

20 - Aug - 2022, 18:30

Placeholder
Workshop Inovasi Seni Kerajinan bagi Kaum Disabilitas dan Perempuan

JATIMTIMES - Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri (MKM) menggelar Workshop Inovasi Seni Kerajinan bagi kaum disabilitas dan perempuan selama 12 hari. Kegiatan ini difasilitasi Bidang Kebudayaan pada Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bertempat di Aula Wisma Pangeran, Sabtu (20/8/2022). 

MKM merupakan perkumpulan sosial yang bergerak pada literasi masyarakat serta wadah pengembangan seni kerajinan. Salah satunya seni kerajinan makrame, merupakan seni rajut dari benang dan seni rupa kriya. Berlokasi di Kelurahan Bukit Surungan, MKM juga berperan sebagai  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Kominfo Kota Padang Panjang. 

Baca Juga : Cegah Paham Radikal, 1.312 Maba Diajak Kampanye Anti Radikalisme di PKKMB FISIP UB

Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) Rini Lisdayani, saat membuka kegiatan ini mengapresiasi Makrame memperoleh bantuan dari Kemedikbud Ristek. Ia berharap pelatihan tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan ekonomi bagi kaum disabilitas maupun perempuan.

"Dari pelatihan ini harapannya tumbuh wirausaha baru dan dapat meningkatkan perekonomian. Manfaatkan pelatihan dengan baik. Dalam perkembangannya ke depan, semoga ada yang bisa dikerjasamakan dengan Disperdakop UKM,"  ucap Rini.

Sementara itu Ketua MKM Asmidar menerangkan, peserta pelatihan berjumlah 40 orang. Terdiri dari 20 peserta disabilitas dan 20 peserta perempuan. "Kita menghadirkan narasumber dari praktisi dan akademisi bidang kriya," terangnya.

Ia sebut, workshop 12 hari ke depan ini dibagi menjadi enam hari (20-25 Agustus) untuk kaum disabilitas. Seterusnya enam hari (26-31 Agustus) untuk kaum perempuan. 

Baca Juga : Kinerja Impresif Ekonomi Nasional Persembahan Terbaik pada HUT Ke-77 RI di Tengah Krisis Global

"Setelah pelaksanaan workshop ini nantinya karya-karya mereka akan dipamerkan ke publik pada akhir September. Berupa pameran produk hasil workshop kerajinan makrame," sebut Asmidar. 

Turut hadir, Camat Padang Panjang Barat (PPB) Fiori Agustian, Lurah Bukit Surungan Ryan Afrinaldi, dan pejabat terkait lainnya. 


Topik

Komunitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

edwarman jtn

Editor

Dede Nana