Pilih Cara  Unik, DPD Partai NasDem Banyuwangi Gelar  Upacara  Agustusan di Sepanjang Jalan Desa | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pilih Cara Unik, DPD Partai NasDem Banyuwangi Gelar  Upacara Agustusan di Sepanjang Jalan Desa

Aug 17, 2022 20:48
Sekretaris DPD Partai NasDem Banyuwangi Zamroni SH (depan) saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 RI di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. (Istimewa)
Sekretaris DPD Partai NasDem Banyuwangi Zamroni SH (depan) saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 RI di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. (Istimewa)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Banyuwangi menggelar dalam upacara  HUT Kemerdekaan Ke-77  RI  dengan cara yang unik.

DPD Partai NasDem Banyuwangi lebih memilih menggelar upacara di sepanjang jalan desa di depan rumah masing-masing warga. Hal itu berbeda dengan upacara umumnya yang berlangsung di halaman kantor pemerintahan atau di alun-alun 

Baca Juga : Semangat Nasionalisme, Puluhan ODGJ di Blitar Gelar Upacara HUT Ke-77 RI

Seperti yang terlihat di Dusun Plantaran, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Wilayah pelosok berpenduduk padat tersebut terpilih menjadi salah satu lokasi pengibaran bendera sang Saka Merah Putih.

Ketika upacara dimulai, jalan yang biasanya ada lalu lalang kendaraan mendadak sunyi. Berganti menjadi suasana khidmat. Namun, meskipun dalam kesederhanaan, acara mencerminkan kearifan lokal warga setempat.

Hal tersebut dipilih dalam rangka menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Lebih Istimewanya lagi, upacara dengan cara unik tersebut dilakukan serentak di seluruh daerah pemilihan (dapil) Banyuwangi

Warga masyarakat, baik tua, muda , remaja, anak-anak, sampai ibu hamil pun antusias ikut memperingati hari kemerdekaan. Meski dengan pakaian seadanya sigap dan tak kalah dengan pelajar pegawai kantoran ataupun militer.

Barisan lurus, petugas upacara pun tak malu bersuara lantang. Dengan penuh semangat, mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersamaan dengan pengibaran bendera Merah Putih.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Ke-77  RI di Desa Bayu tersebut dipimpin oleh Bernat Sipahutar, anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga : Wartawan Bersitegang dengan Kasat Lantas Polres Madiun Kota gegara Senggolan dengan Istri

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa upacara ini sengaja digelar di pelosok atau pinggir desa, supaya masyarakat dapat mengikuti dan merasakan sakralnya momen upacara 17 Agustus. Selain itu, NasDem dapat mengajak warga merenungi momen kemerdekaan yang telah dicapai dengan tetes darah dan air mata para pejuang bangsa.

"Upacara dimulai pukul 09.30 WIB. Waktu tersebut dipilih karena mendekati detik-detik pembacaan proklamasi oleh Bung Karno," jelas pria berdarah Batak itu.

Sementara, Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi Supriyadi Karima Syaiful, melalui Sekretaris Zamroni, mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menancapkan rasa cinta tanah air dan menangkal paham dan ajaran radikalisme kepada masyarakat.

"Sudah semestinya kita sebagai partai yang memiliki ideologi Pancasila, nasionalisme, turut serta dalam mencegah masuknya radikalisme," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Upacara Agustusan NasDem Banyuwangi

Berita Lainnya