Belum Merdeka dari Sampah, Warga Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Sungai | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Belum Merdeka dari Sampah, Warga Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Sungai

Aug 17, 2022 19:20
Suasana upacara di di area Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.
Suasana upacara di di area Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

JATIMTIMES - Pemandangan berbeda dari biasanya terlihat di area Kali Lanang, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Kali ini sungai tersebut digunakan melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Rabu (17/8/2022).

Mereka yang melaksanakan upacara di antaranya, Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu bersama Relawan Cinta Lingkungan (pekerja lingkungan), perwakilan Bank Sampah, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan sebagainya. Uniknya mereka kompak menggunakan pakaian adat Jawa.

Baca Juga : HUT Ke-77 RI, DPW NasDem Jatim Pilih Ziarah ke Makam Bung Karno

Pria dan wanita seluruhnya menggunakan lurik hingga kebaya. Ada juga yang menggunakan pakaian pejuang hingga baju sakera khas Madura.

Meski upacara di sungai, sungainya bersih bebas dari sampah. Kemudian di sekeliling sungai dihiasi dengan bendera merah putih, sehingga semakin terasa perayaan HUT Kemerdekaan.

Koordinator upacara Rudy Eko Prasetyo mengatakan, upacara tersebut digelar di sungai supaya masyarakat Kota Batu ikut menjaga lingkungan, utamanya sungai. Melihat hingga saat ini, mereka masih dihadapkan pada sampah yang berada di sungai.

“Dengan upacara di sungai ini supaya warga punya rasa peduli untuk saling menjaga lingkungan. Karena menjaga lingkungan salah satu bentuk perjuangan kami dan masyarakat,” ucap Eko.

“Tentunya agar bumi kita tidak tercemar dan sumber mata air bagi anak cucu tetap terjaga,” tambah Eko. Selain itu juga sebagai bentuk tanda penghormatan kepala pahlawan yang telah gugur.

Baca Juga : Bikin Haru Warganet , Paskibra di Kecamatan Sibulue Tetap Bertugas Meski di Tanah Becek

Menutur Eko, meski Indonesia telah merdeka, namun belum merdeka dari sampah. Sehingga ke depan Eko mengimbau kepada masyarakat melanjutkan kemerdekaan dengan pedulu terhadap lingkungan.

“Kemerdekaan bukan hanya sekadar mengangkat senjata, tapi mengangkat tangan dengan membersihkan sungai, sumber, dan lingkungan,” tutup Eko.

Kepala DLH saat menanam pohon.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar sungai. Ada 50 bibit pohon yang ditanam, mulai pohon pule, nangka, kelengkeng, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Upacara HUT Kemerdekaan HUT Kemerdekaan RI

Berita Lainnya