26/11/2022 Bupati Blitar dan Forkopimda Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual | Jatim TIMES

Bupati Blitar dan Forkopimda Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Aug 17, 2022 15:57
Wabup Rahmat Santoso dan Bupati Rini Syarifah mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara daring.(Foto : Pemkab Blitar)
Wabup Rahmat Santoso dan Bupati Rini Syarifah mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara daring.(Foto : Pemkab Blitar)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Bupati Blitar Rini Syarifah mengikuti upacara detik-detik proklamasi yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta secara virtual, Rabu (17/8/2022). Kegiatan ini dilaksanakan bupati usai menjadi inspektur dalam upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Alun-alun Kanigoro. Peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendapa Sasana Adi Praja Kantor Bupati Blitar di  Kanigoro dihadiri Wabup Blitar Rahmat Santoso, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Izul Marom, Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Blitar. Kesakralan upacara detik-detik Proklamasi RI ke-77 tetap terjaga meskipun dilaksanakan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : Momentum HUT Ri ke-77, AHY Ajak Rawat Persatuan, Demokrasi dan Kebangkitan Ekonomi

 

Pada sejumlah wartawan Bupati Rini mengatakan, kemerdekaan Republik Indonesia harus disyukuri. Dirinya di momentum HUT ke-77 RI ini juga mengajak masyarakat untuk tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa.

“Indonesia adalah bangsa yang besar dan plural. Terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan budaya.  Sebagai anak bangsa jangan pernah melupakan jasa para pahlawan, pendahulu kita. Kita yang melanjutkan perjuangan mereka, kita lanjutkan dengan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif sebagai bentuk partisipasi untuk bangsa dan negara,” kata Mak  Rini.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar menambahkan, tantangan dan tuntutan dewasa ini semakin berat, seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Di momentum peringatan hari kemerdekaan ini dirinya mengajak masyarakat menghadapi tantangan tersebut dengan bertransformasi dengan teknologi.

“Teknologi ini harus kita manfaatkan dengan bijak. Kita harus bijak bermedsos dan anti hoaxs. Juga, teknologi ini merupakan modal penting bagi kita untuk mengangkat perekonomian, kuncinya manfaatkan medsos dengan kreatif,” imbuh Rini.

Di momentum detik-detik proklamasi kemedekaan 17 Agustus 2022 ini ada pemandangan menarik di Kabupaten Blitar. Selain Bupati bersama jajaran Forkopimda yang mengikuti upacara virtual di pendapa, para pengguna jalan yang melintas di ruas jalan protokol Kabupaten juga ikut memperingatinya.

Salah satunya di perempatan Kecamatan Kanigoro. Tepat  pukul 10.10 WIB seluruh pengguna jalan berhenti saat petugas kepolisian Satlantas Polres Blitar membunyikan sirine tanda peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-77.  Tak hanya pengendara motor, pengemudi mobil pun ikut turun dari kendaraan dan mengambil sikap sempurna, hormat kepada bendera merah putih yang dipasang tepat di tengah perempatan.

Informasi yang dihimpun dari Polres Blitar, di Kabupaten Blitar ada tiga titik jalan protokol yang melakukan hal serupa. Selain perempatan Kanigoro, peringatan detik-detik proklamasi juga dilakukan di pertigaan Beru Kecamatan Wlingi dan perempatan Garum Kecamatan Garum.

Baca Juga : Unik, di Kota Batu Upacara HUT RI ke-77 Dilakukan di Atas Tumpukan Sampah

 

Tak hanya mengajak pengguna jalan untuk ikut memperingati detik-detik proklamasi, di momentum ini Polres Blitar juga membagikan bendera merah putih ke pengguna jalan. Di setiap titik ada 150 biji bendera yang dibagikan.

"Kami juga membagikan bendera kepada pengguna jalan. Ada 150 bendera yang kami bagikan di setiap titik lampu merah di wilayah hukum kami," kata Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom.

Kapolres Blitar menambahkan, dengan diperingatinya detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-77 ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebangsaan kepada seluruh masyarakat. Masyarakat diharapkan juga mengerti pentingnya arti proklamasi bagi kemerdekaan Indonesia.

“Kami dari kepolisian bersama-sama dengan pemerintah daerah berharap ini menjadi pengingat kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan semangat kebangsaan," pungkasnya. (Adv/Kmf)

Judul berita Bupati Blitar dan Forkopimda Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bupati Blitar hut ri ke 77

Berita Lainnya