06/12/2022 Dipsendukcapil Lumajang Berikan Layanan Khusus bagi Bayi Lahir 17 Agustus | Jatim TIMES

Dipsendukcapil Lumajang Berikan Layanan Khusus bagi Bayi Lahir 17 Agustus

Aug 16, 2022 12:42
Pejabat Dispendukcapil Lumajang saat diwawancarai usai sosialisasi di sebuah stasiun radio di Lumajang. (Foto: Teguh Eko Januari -JatimTimes)
Pejabat Dispendukcapil Lumajang saat diwawancarai usai sosialisasi di sebuah stasiun radio di Lumajang. (Foto: Teguh Eko Januari -JatimTimes)

Pewarta: Teguh Eko Januari | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-77  RI  tahun 2022 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang akan memberikan akta kelahiran secara langsung kepada bayi yang lahir tepat pada 17 Agustus tahun ini. Akta kelahiran tersebut akan diantar dan diserahkan langsung saat itu juga usai didata dan dicetak. 

“Yang bisa kita jangkau akan kita antar langsung,” ujar Kepala Bidang Catatan Sipil Dispendukcapil Lumajang Zaenal.

Baca Juga : Hadiri Sidang Tahunan MPR 2022, Presiden Jokowi Pilih Baju Adat Paksian dari Bangka, Ini Filosofinya

Zaenal mengaku sudah menghubungi rumah sakit dan klinik yang ada di Lumajang untuk sosialisasi layanan ini. Siapa pun yang melahirkan pada 17 Agustus 2022 akan mendapat layanan khusus dan layanan ini dibuka mulai dini hari nanti.

“Kami telah siapkan petugas yang lembur mulai pukul 12 malam nanti,” timpal Kepala Bidang Pendaftaraan Penduduk Dispendukcapil Rachmat Wachid.

Hal senada diungkap Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan(PIAK) Yonatan Coba. Yonatan menyebutkan bahwa ini merupakan layanan terintegrasi sehingga tidak hanya akta kelahiran yang didapat oleh keluarga bayi yang baru lahir tersebut, namun juga akan diberikan kartu identitas anak (KIA) dan kartu keluarga (KK) baru.

Layanan ini tidak hanya dilakukan di Kantor Dispendukcapil Lumajang, namun bisa juga dilayani di kantor kecamatan masing masing. Namun, diakui bahwa ada sekitar 4 kecamatan yang saat ini tidak bisa mencetak langsung akta kelahiran, KTP atau administrasi kepedudukan (adminduk) tertentu karena mesin printer khusus untuk pencetakan kartu tersebut masih dalam proses perbaikan.

“Masih ada di Jakarta karena proses perbaikannya di sana. Hanya Jakarta yang ada lisensi untuk perbaikan komputer di kami” tuturnya.

Baca Juga : Ini Peringkat Reputasi KPop Girl Group Agustus, Blackpink Urutan Pertama, Idolamu Nomor Berapa?

Empat kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Rowokangkung, Kecamatan Tekung, Kecamatan Yosowilangun dan Pasrujambe. Untuk warga di 4 kecamatan tersebut, layanan pencetakan KTP terpaksa dilayani di Kantor Dispenduk Lumajang. 

Selain memberikan akta, KIA, dan KK baru secara langsung, Dispendukcapil Lumajang juga akan mengantarkan KTP baru bagi warga yang lahir bertepatan dengan 17 Agustus. Diperkirakan ada 50 orang yang mendapat KTP baru karena lahir pada  17 Agustus.

Judul berita Dipsendukcapil Lumajang Berikan Layanan Khusus bagi Bayi Lahir 17 Agustus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
dispenduk capil lumajang Layanan bayi lahir 17 Agustus

Berita Lainnya