03/02/2023 Fakta Unik Ikan Sheepshead yang Memiliki Gigi Seperti Manusia | Jatim TIMES

Fakta Unik Ikan Sheepshead yang Memiliki Gigi Seperti Manusia

Aug 13, 2022 07:22
Ikan Sheepshead
Ikan Sheepshead

Pewarta: Mutmainah J | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Ikan sheepshead adalah spesies ikan laut yang unik. Sebab ikan ini memiliki gigi yang mirip dengan manusia. Ikan ini juga dikatakan mengunyah layaknya manusia. 

Namun tidak mudah menemukan jenis ikan ini khususnya di pantai maupun perairan Indonesia. Karena jenis ikan ini hanya bisa ditemui di Pantai Timur Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Baca Juga : Inggris atau United Kingdom? Ini Bedanya Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom

Dikutip dari Instagram @apaajadibagi, ikan ini memiliki panjang 10-20 inci, tetapi ikan ini juga bisa tumbuh hingga 35 inci.

Tubuh ikan ini diselimuti 7 hingga 9 garis hitam. Akibat garis ini, ikan sheepshead juga kerap dijuluki 'ikan narapidana'.

Meski dijuluki 'ikan narapidana' ikan ini tidak berbahaya dan memiliki gigi yang 'ramah'. Gigi ikan sheepshead tidak tajam seperti ikan lain. Giginya tumpul menyerupai gigi geraham manusia.

Pada saat remaja, ikan ini akan memakan hewan yang memiliki tulang lunak yang dapat mereka temukan. Mereka juga memakan hewan kecil yang bercangkang, termasuk krustasea yang panjangnya beberapa milimeter, seperti Ostracod.

Kemudian setelah dewasa, ikan ini akan mulai memakan hewan bercangkang keras seperti Moluska dan Tertitip.

Baca Juga : Viral, Ngamen Tak Diberi Uang Anak Ini Malah Minta Makanan, Tapi....

Hal itulah yang membuat gigi ikan Sheepshead ini menyerupai gigi geraham manusia. Semakin menyerupai geraham manusia maka akan semakin memudahkan mereka memakan makanan yang bercangkang keras.

So, buat kamu yang bisa menemui jenis ikan di perairan Indonesia sungguh beruntung. Jangan lupa abadikan momen langka itu, dan bagikan detail lokasinya.

Judul berita Fakta Unik Ikan Sheepshead yang Memiliki Gigi Seperti Manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
ikan Sheepshead ikan unik

Berita Lainnya