Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Inggris atau United Kingdom? Ini Bedanya Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom

Penulis : Assyifa Putri - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Aug - 2022, 17:38

Placeholder
Union Jack (Bendera United Kingdom)

JATIMTIMES - Inggris, Britania Raya dan United Kingdom ternyata memiliki makna yang berbeda. Namun di Indonesia lebih populer disebut Inggris atau Inggris Raya. Baik Inggris maupun Inggris Raya memiliki bendera yang berbeda. 

Nama resmi Internasional dari Inggris Raya adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland biasa disingkat menjadi United Kingdom (U.K). Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka namanya menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. 

Baca Juga : Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19, Berisi Kebijakan hingga Penanganan Pandemi

Kerajaan Bersatu Britania Raya merupakan nama panjang dari United Kingdom (U.K), baik keduanya memiliki arti yang sama. 

Sebelum menjadi seperti sekarang yang kita kenal sebagai United Kingdom, tadinya persatuan wilayah dengan nama Britania Raya yang hanya beranggotakan 3 wilayah, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia.

Sementara Kerajaan Bersatu Britania Raya atau United Kingdom merupakan persatuan empat wilayah, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Namun, penggunaan istilah Britania Raya saat ini digunakan untuk menyebut  wilayah yang juga mencakup Irlandia Utara.

Sementara penyebutan di Indonesia penyebutannya sendiri yaitu Inggris/Inggris Raya/ Kerajaan Inggris digunakan untuk menyebut  nama Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Penyebutan nama Inggris/ Inggris Raya merupakan majas Sinedoke Pas Pro Toto  yaitu majas yang digunakan untuk menyebut sebagian untuk mewakili keseluruhan. 

Jadi apa perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom (U.K)?

Baca Juga : BNI Agen46 Dapat memberikan Inklusi Perbangkan Pada Kawasan Pedesaan di Tuban

Inggris adalah nama sebuah negara yang berada di wilayah kepulauan Britania. Populer dengan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara.

Britania Raya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut persatuan Inggris, Wales, dan Skotlandia.

United Kingdom adalah yang digunakan untuk menyebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland  yang beranggotakan Britania Raya dan Irlandia Utara.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Assyifa Putri

Editor

Sri Kurnia Mahiruni