30/01/2023 Dindik Ngawi Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas | Jatim TIMES

Dindik Ngawi Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas

Aug 10, 2022 19:49
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi menggelar bimbingan teknis tata naskah kepada perwakilan SMP dan korwil pendidikan. Foto Satria Romadhoni for jatimTIMES
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi menggelar bimbingan teknis tata naskah kepada perwakilan SMP dan korwil pendidikan. Foto Satria Romadhoni for jatimTIMES

Pewarta: Satria Romadhoni | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi menggelar bimbingan teknis tata naskah kepada perwakilan SMP dan korwil pendidikan selama tujuh hari, mulai 10 hingga 16 Agustus. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi Sumarsono menyampaikan bimtek yang dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi pandangan tentang penyusunan tata naskah kedinasan yang benar.

Baca Juga : UIN Maliki Malang Masuk 10 Kampus PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

"Agar dalam membuat tata naskah dinas, mempunyai pandangan yang sama sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Bupati  Ngawi Nomor 125 Tahun 2011 tentang tata naskah dinas," terang Sumarsono.

Lebih lanjut, Sumarsono menjelaskan dalam bimtek kali ini mendatangkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi. 

"Pemahaman teknis tata naskah sangat penting, baik tata cara pengelolaan naskah maupun kearsipan. Ke depan tata naskah merupakan pedoman bagi instansi untuk mengelola naskah kedinasan. Terlebih surat-menyurat dan penataan arsip guna memudahkan sebagai petunjuk," jelasnya. 

Harapannya, semua peserta bisa menyerap ilmu yang disampaikan narasumber mulai dari penulisan kemudian norma-norma yang ada. Kemudian cara pembuatan surat kemudian bisa diaplikasikan.

Baca Juga : Pemkot Kediri Ingin Kumpulkan Literasi Sejarah Kota Kediri Secara Digital

Tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan tata naskah dinas. media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

"Total keseluruhan peserta teknis tata naskah lebih dari 700 orang. Pentingnya tata naskah karena merupakan bentuk dokumen,"  tutupnya.

Judul berita Dindik Ngawi Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bimtek tata naskah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi

Berita Lainnya