02/02/2023 Ma'had Al Jami'ah UIN Malang Jadi Distingsi dengan PTKIN Lain | Jatim TIMES

Ma'had Al Jami'ah UIN Malang Jadi Distingsi dengan PTKIN Lain

Aug 04, 2022 14:24
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA (Ist)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA (Ist)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof Dr M Zainuddin MA menegaskan, Ma'had Al Jami'ah merupakan salah satu distingsi dari kampus berlogokan Ulul Albab ini. Hal ini ia sampaikan dalam pembukaan workshop Pengembangan Sumber Daya Musyrif dan Musryifah tahun 2022, (3/8/2022).

Sebab, sampai saat ini, pengelolaan ma'had yang profesional dan benar-benar mahadi, tidaklah dimiliki oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) maupun Perguruan tinggi Negeri (PTN) lainnya. 

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Tulungagung Gelar Monev Implementasi Perbup

 

Menurutnya, pengelolaan di kampus lainnya, meski dengan sarana dan prasarana yang baru, bahkan hingga gedung yang begitu besar, namun dari sisi SDM masih belum siap dengan berbagai alasan.

"Di beberapa PTKIN itu meski kampusnya sudah baru, besar dan disediakan ma’had seperti di kampus kita ini, namun ternyata santrinya tidak siap, ada yang beralasan karena jauh, karena mungkin tradisi," jelasnya.

Selain itu, faktor kurangnya pemuka agama atau kiai disebutkannya juga menjadi faktor pengelolaan ma'had yang tak optimal. Tak seperti halnya di Malang, banyak sekali kiai yang berminat untuk menjadi bagian pembina ma’had, yang juga masih berusia muda. 

Bukan hanya faktor itu saja, sarana pendukung seperti rumah kiai juga belum dimiliki oleh PTKIN lain. Hal itu tentunya juga berpengaruh terhadap pengelolaan ma'had yang kurang optimalan. 

Berbeda dengan UIN Maliki Malang, sarana prasarana seperti rumah kiai tersedia di lingkungan ma'had. Sehingga, hal ini semakin mengoptimalkan dalam pengelolaan Ma'had Al Jam'iyah lebih profesional.

Baca Juga : Jaga Reputasi Internasional, Rektor UIN Malang Targetkan 20 Guru Besar Baru

 

"Karena itu ma’had yang ada di kampus kita tercinta ini menjadi percontohan bagi yang lainnya," ujarnya dalam workshop yang mengusung tema 'Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Membangun Karakter Ummatan Wasathiyah Melalui Pemberdayaan Musyrif-Musyrifah'.

Sementara itu, UIN Maliki Malang memiliki musyrif dan musyrifah yang jumlahnya kurang lebih 300 orang. Mereka menjadi pengurus dan pendamping bagi para mahasantri selama berada di ma’had.

Judul berita Ma'had Al Jami'ah UIN Malang Jadi Distingsi dengan PTKIN Lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Ma'had UIN Malang UIN Malang

Berita Lainnya