Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Ingin Tulang Tetap Sehat dan Kuat, dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Bahan Alami Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

03 - Aug - 2022, 08:19

Placeholder
Dokter saat menunjukkan tulang. (Foto: doktersehat)

JATIMTIMES - Bagi orang lanjut usia salah satu permasalahan kesehatan yang kerap dijumpai adalah tulang. Agar terhindar dari permasalahan tulang, pendakwah sekaligus dokter dr. Zaidul Akbar beberkan solusi yang bisa dikonsumsi dengan mudah.

“Kalau dilihat dari Al-Qur’an pembahasan tentang orang tua rata-rata uban dan tulang,” ungkap de. Zaidul Akbar dalam youtube channelnya.

Baca Juga : Anggota DPRD Kota Malang Serap Aspirasi Masyarakat di Peringatan 1 Muharram 1444 H

dr. Zaidul Akbar pun menceritakan kisah Nabi Zakaria yang mengadukan kepada Allah jika tulangnya keropos yang membuatnya tidak bisa beraktivitas leluasa. Padahal memiliki tulang yang sehat sangat dibutuhkan demi menjalankan ibadah salat.

“Tulang bisa berdiri kokoh, bisa berdiri untuk menunaikan salat. Kok hubungannya dengan salat, karena pahala salat duduk dan berbaring sama-sama setengah,” tambah dr. Zaidul Akbar.

Lalu bagaimana caranya agar tulang tetap kokoh dan sehat, dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk menyeimbangkan lemak. Sedangkan lemak yang bagus itu salah satunya bersumber dari omega 3.

Minyak omega 3 itu bisa didapatkan dari minyak zaitun. “Tapi dokter, saya gak punya anggaran untuk minum itu karena harganya memang tidak lazim,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Solusinya kalian bisa mengkonsumsi santan. Santan merupakan lemak yang baik untuk tulang dan jantung. Bisa juga camilan yang dibuat dari kelapa tua baik dikonsumsi.

“Itu yang orang bilang makan kelapa bisa kremi gak jelas apa itu,” terang dr. Zaidul Akbar. 

Baca Juga : Wali Kota Kediri dan Ketua TP PKK Kota Kediri Beri Pesan Pentingnya ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui

Selain itu lemak yang sangat baik dari minyak nabati buah alpukat. Buah alpukat itu bisa dikonsumsi dengan madu atau kurma. dr. Zaidul Akbar pun tidak menyarankan untuk mengkonsumsinya dengan gula.

Sumber lainnya yang dapat menguatkan tulang adalah kolagen. Siapa yang mengira sumber kolagen bisa dengan mudah ditemui yakni sisik ikan. Pasti tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Padahal dari sisik ikan bisa mendapatkan kolagen yang cukup banyak.

“Sisik ikan itu yang biasanya kita buang. Cara masaknya bisa dipresto atau apa yang penting sisiknya gak hilang. Itu juga yang membuat kulit kita jadi elastis, anti peradangan, dan banyak manfaat lainnya,” tutup dr. Zaidul Akbar.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana