Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Jelang BIAN, Pemkot Malang Targetkan 95 Persen Anak Terlindungi Imunisasi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Jul - 2022, 13:17

Placeholder
Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, kala memberikan sambutan pada Monev terkait Imunisasi (Ist)

JATIMTIMES - Kesiapan menjelang Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dijadwalkan pada Agustus-September 2022, terus dimatangkan Pemkot Malang dengan melakukan sosialisasi. Proyeksi kelompok sasaran BIAN mencapai 39.971 anak.

Dari jumlah proyeksi yang menjadi sasaran BIAN itu, diharapakan dapat mencapai cakupan imunisasi anak, minimal 95 persen.

Baca Juga : DPRD Kota Malang Setujui Pertanggungjawaban APBD TA 2021 dengan Puluhan Catatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Husnul Muarif menyampaikan, pemberian imunisasi ini merupakan hal yang penting. Sebab, hal ini dapat memberikan perlindungan kepada anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Penyakit tersebut, seperti halnya campak-rubella, polio, tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir, difteri dan pertusis. Pada BIAN nantinya, akan dilakukan imunisasi tambahan measles rubella (MR).

"Imunisasi ini untuk anak usia 9 tahun sampai dengan kurang dari 15 tahun. Dan anak di bawah 1 tahun yang belum mencapai imunisasi dasar lengkap," papar Husnul (8/7/2022).

Masing-masing puskesmas telah memiliki sasaran dan micro planning. Dalam pelaksanaan BIAN, akan menerapkan pendekatan kewilayahan pada setiap puskesmas akan bekerja sama dengan rumah sakit, klinik maupun bidan praktik mandiri.

Baca Juga : Dana Desa Boleh Dipakai untuk Penanganan Wabah PMK, Begini Caranya

Selain itu, upaya untuk kesuksesan pelaksanaan BIAN juga dilakukan dengan bersinergi dengan banyak pihak, seperti kecamatan, kelurahan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, organisasi profesi, PKK, dan lembaga terkait.

"Kesiapan tenaga sudah. Kedua, kesiapan logistik semua akan dipenuhi Kemenkes melalui Dinkes Provinsi Jatim insyaallah H-1 minggu. Aplikasi pendataan juga sudah siap. Saat ini kami terus promosi dan edukasi kepada masyarakat," pungkas Husnul.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni