10/12/2022 Sempat Tidak Diunggulkan, Cabor Kempo Jember Sumbang 1 Medali Emas | Jatim TIMES

Sempat Tidak Diunggulkan, Cabor Kempo Jember Sumbang 1 Medali Emas

Jun 26, 2022 18:46
Pertandingan Kempo yang mempertemukan Kabupaten Pasuruan dengan Jember dalam final yang digelar Minggu sore (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Pertandingan Kempo yang mempertemukan Kabupaten Pasuruan dengan Jember dalam final yang digelar Minggu sore (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

Pewarta: Moh. Ali Mahrus | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES – Cabang Olah Raga (Cabor) Kempo kontingen Kabupaten Jember berhasil menyumbang 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dalam ajang Pekan Olah Raga Propinsi (Porprov) VII Jatim yang digelar di gelanggang Gedung Juang 45 Politeknik Negeri Jember.

Peraih medali emas dari Kontingen Jember dalam Cabor Kempo ini diraih oleh Atlet Shorinji Kempo atas nama Daffa Huwaida Khairunnajmi dalam nomor Randori Putri kelas 50 Kg. Medali perak disumbangkan oleh Abdullah Nanda di nomor Randori Putra kelas 65 kg dan pasangan Faradiba dengan Azzahra yang turun di nomor Embu Pasangan Putri Kyu 3. Sedangkan untuk medali Perunggu dipersembahkan oleh M Zidan fahreza di nomor Randori Putra kelas 70 Kg dan Annisa Abdillah Hafida di nomor Randori Putri kelas 60 kg.

Baca Juga : Pordasi Banyuwangi Raih Tiga Medali di Kejurprov Jatim 2022

“Alhamdulillah, kami yang semula tidak diberi target bisa meraih medali emas. Akhirnya bisa menyumbang 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu. Ini sebuah kebanggan tersendiri mengingat kami hanya menurunkan 13 atlet dan berlatih hanya dalam waktu 3 bulan saja,” ujar Ketua Pekemi (Persatuan Kempo Indonesia) Jember Rendra Wirawan, Minggu (26/6/2022) saat penutupan cabor Kempo.

Rendra menjelaskan, bahwa dengan keberhasilan ini pihaknya akan terus mengasah kemampuan atlet Kempo yang nantinya akan mengikuti seleksi PON. Selain itu dengan keberhasilan Jember dalam memperoleh 1 medali emas, maka pada porprov berikutnya akan diperhitungkan oleh lawan.

“Kami memang sempat dianggap tidak bisa meraih medali karena selama perhelatan porprov, cabor Kempo paling tinggi hanya dapat perunggu. Tapi nyatanya hari ini semua kami bayar dengan perolehan 5 medali. Tentu ini memacu kami untuk menyiapkan atlet PON dan tentunya pada porprov berikut Kempo Jember akan diperhitungkan oleh lawan,” beber mantan anggota DPRD Jember ini.

Sementara M. Ali Afandi Ketua I KONI Jatim yang hadir dalam penutupan cabor Kempo kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa dirinya melihat ada penyebaran perolehan medali di seluruh cabor kepada daerah yang mengikuti Porprov tahun 2022.

Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan terhadap atlet sudah merata dan tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja. Salah satunya adalah pertandingan Kempo yang ia lihat sendiri, di mana selama ini medali emas selalu didominasi Surabaya tapi pada porprov kali ini bisa diraih oleh 5 kabupaten.

“Saya sangat senang dengan Porprov tahun ini. Di mana perolehan medali tidak selalu didominasi oleh kota besar seperti Surabaya, tapi hampir seluruh daerah memperoleh medali. Salah satu contohnya Kempo, di mana meski Surabaya peraih medali terbanyak dalam cabor ini tapi beberapa daerah yang sebelumnya tidak diperhitungkan bisa meraih medali emas, seperti Kabupaten Jember ini,” ujar Ali Affandi.

Baca Juga : Wadahi Aremania, Polres Malang Gelar Lomba Yel-yel dan Koreo

Dari 18 medali yang diperebutkan di cabor Kempo, Kota Surabaya berhasil meraih medali terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum cabor ini. Yakni 9 medali emas, 3 perak, dan 1 perunggu dengan perolehan total 43 point.

Disusul peringkat kedua ditempati oleh Kabupaten Pasuruan dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu dengan total 29 point yang berhasil dikumpulkan. Sedangkan untuk peringkat ketiga diraih oleh Kabupaten Malang dengan perolehan 2 emas, 5 perak dan 4 perunggu dengan total nilai 22 point.

Sedangkan perolehan medali dalam Porprov VII Jatim, Surabaya masih bertengger di peringkat teratas dengan perolehan 15 medali emas, 8 perak dan 3 perunggu. Disusul Kabupaten Pacitan sebagai Runner Up dengan perolehan 8 medali emas, 1 dan 1 perak.

Sedangkan Jember satu-satunya tuan rumah penyelenggara (Jember, Lumajang, Situbondo, Bondowoso) yang masuk di 10 besar dengan posisi peringkat 3, dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak dan 7 perunggu.

Judul berita Sempat Tidak Diunggulkan, Cabor Kempo Jember Sumbang 1 Medali Emas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
cabor kempo jember emas cabor kempo jember

Berita Lainnya