Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker kata dr. Saddam Ismail

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - Jun - 2022, 09:04

Placeholder
Alpukat (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Alpukat punya rasa yang enak dan banyak disukai orang. Namun ternyata, alpukat juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, salah satunya yaitu bisa mencegah kanker.

Hal itu disampaikan oleh healthy vlogger dr. Saddam Ismail. Kendati demikian, menurut dr. Saddam Ismail, buah alpukat juga punya manfaat lain untuk kesehatan.

Baca Juga : FGD di UIN Malang, BPJPH: Persoalan Lembaga Pemeriksa Halal Kompleks

"Buah alpukat tidak hanya mengandung protein, lemak, dan juga karbohidrat, tapi buah tersebut juga banyak mengandung nutrisi, mineral, yang lainnya," ujar dr. Saddam Ismail, seperti dikutip dari kanal YouTube Saddam Ismail, Sabtu (25/6/2022). 

Berikut 7 manfaat mengkonsumsi alpukat bagi kesehatan menurut dr.Saddam Ismail: 

1. Menjaga kesehatan kulit

Alpukat memiliki kandungan vitamin C dan E. Kandungan vitaman tersebut, kata dr. Saddam Ismail bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

Selain itu, vitamin C dan E juga berperan penting untuk mengurangi risiko kerusakan kulit dari pengaruh sinar matahari, dan juga faktor lingkungan.

2. Mencegah cacat lahir janin

Alpukat juga mengandung folat yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan folat ini diperlukan ibu hamil untuk pembentukan sel dan jaringan baru.

3. Menjaga kesehatan jantung

Buah alpukat mengandung lemak sehat dan lemak tak jenuh. Dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh bisa membantu mengatur ataupun menormalkan kadar kolesterol tubuh.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

"Dengan begitu, kadar kolesterol menurun, kolesterol jahat menurun ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung," kata dr. Saddam Ismail.

4. Mengurangi risiko gangguan metabolic

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit metabolic. Seperti gangguan pembuluh darah, diabetes, jantung, hingga penyakit stroke. 

Baca Juga : Legislator Fraksi Golkar DPRD Jatim Ini Minta Pemprov Lebih Cepat Tangani Wabah PMK

Dengan mengkonsumsi buah alpukat, bisa membantu tubuh lebih peka terhadap insulin dan juga membuat kadar gula darah menjadi normal.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Buah alpukat adalah salah satu buah yang rendah fruktosa, sehingga bisa menurunkan risiko perut bergas. Selain itu juga dapat mengurangi risiko perut menjadi kembung.

"Selain itu buah alpukat juga termasuk buah super, karena mengandung serat tinggi, sehingga dapat membantu kita untuk buang air besar secara lancar," tambah dr. Saddam Ismail.

6. Mencegah kanker

Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat bisa membantu menghambat pertumbuhan sel prakanker dan sel kanker, dan mempercepat penghancuran sel kanker tersebut.

7. Menjaga kesehatan mata

Alpukat juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Dimana senyawa itu berfungsi menjaga kesehatan mata.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, bisa mencegah kita mengalami gangguan mata atau penglihatan saat tua.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni