01/12/2022 BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Atlet Kota Blitar di Ajang Porprov Jatim | Jatim TIMES

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Atlet Kota Blitar di Ajang Porprov Jatim

Jun 24, 2022 12:31
BPJS Ketenagakerjaan, Pemkot Blitar dan KONI sinergi lindungi atlet Kota Blitar di ajang Porprov Jatim. (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)
BPJS Ketenagakerjaan, Pemkot Blitar dan KONI sinergi lindungi atlet Kota Blitar di ajang Porprov Jatim. (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES- Pemkot Blitar dan KONI Kota Blitar melindungi para atlet yang bertanding dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII Tahun 2022 dengan program jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). 

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar Agus Dwi Fitriyanto dan Ketua KONI Kota Blitar Sukardji memberikan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut secara simbolis kepada perwakilan atlet saat pelepasan atlet di Kantor KONI Kota Blitar, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga : Awal Semester Depan, Kasus PT PBS Banyuwangi Diupayakan Tuntas

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar Agus Dwi Fitriyanto memberikan apresiasi kepada Pemkot Blitar dan KONI Kota Blitar yang memberikan perlindungan kepada para atlet yang bertanding di ajang Porprov Jatim 2022.

“Atlet memiliki risiko yakni risiko cedera saat bertanding. Untuk Kota Blitar kami memberikan apresiasi luar biasa dimana pada hari ini KONI Kota Blitar menyerahkan risiko tersebut kepada BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh atlet Kota Blitar dilindungi dengan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),’’ kata Agus.

Agus menambahkan, siapapun tidak ingin terjadinya risiko. Dengan perlindungan ini, apabila risiko tersebut terjadi seluruhnya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Seluruh yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah ketika terjadi risiko yang diakibatkan karena bertanding. Dan itu dimulai dari hari ini ketika mereka berangkat ke ajang Porprov. Perlindungan ini akan ada sampai mereka pulang dari ajang Porprov,’’ imbuhnya.

Agus berharap perlindungan kepada para atlet yang dilakukan Pemkot Blitar dan KONI Kota Blitar tidak hanya di ajang Porprov ini saja. Pihaknya berharap perlindungan kepada para atlet di Kota Blitar kedepan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kami berharap perlindungan dapat terus dilakukan ketika atlet tersebut terus beraktivitas bertanding di bawah binaan KONI. Dengan perlindungan BPJAMSOSTEK, atlet akan lebih tenang dalam bertanding, karena selama ini yang mereka pikirkan ketika bertanding adalah risiko dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Semoga dengan perlindungan BPJAMSOSTEK ini atlet Kota Blitar bisa all out dan meraih prestasi terbaik di ajang Porprov Jatim,’’ tukasnya.

Ketua KONI Kota Blitar Sukarji menyampaikan, pada ajang Porprov Jatim tahun ini Kota Blitar mengirimkan kontingen sebanyak 208 atlet orang. Mereka akan mengikuti 30 dari 47 cabang olahraga yang telah ditetapkan KONI Jawa Timur di ajang Porprov tahun 2022. Adapun cabang olahraga langganan medali dari Kota Blitar di antaranya panahan, aeromodeling, tinju, taekwondo dan tenis meja.

Yakni, atletik, gulat, renang, paralayang, aeromodeling, bola voli, futsal, taekwondo, tenis meja, tenis lapangan, catur, karate, sepak takraw, biliar, sepeda, pencak silat, dan senam.

Baca Juga : PT KAI Akan Sterilisasi Permukiman Dekat Rel, DPRD Kota Malang: Kami Tidak Akan Reaktif Dulu

“Meski sudah terlindungi BPJAMSOSTEK dan seluruh risiko diambil alih BPJS Ketenagakerjaan, kami berharap tidak akan ada atlet yang cedera,’’ kata Sukardji.

Sukardji menambahkan, selain para atlet, perlindungan ketenagakerjaan tersebut juga diberikan kepada seluruh kontingen Porprov dari Kota Blitar, termasuk 58 official dan 33 tim monev. 

“Official dan tim monev lainnya juga terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga semuanya biar aman. Para atlet juga dilengkapi dengan prokes agar di sana tetap sehat. Seluruh kontingen Kota Blitar terdaftar dalam dua program BPJS Ketenagakerjaan. Yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama kejuaraan berlangsung,’’ pungkasnya. 

Ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan enam cabang olahraga eksibisi. Jumlah peserta yang ikut mencapai sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, dan 3.512 ofisial cabang olahraga sehingga totalnya ada 14.486 peserta yang hadir pada Porprov Jatim.

Porprov Jatim VII akan terselenggara di Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022. Adapun upacara pembukaan pesta olahraga dua tahunan tersebut dihelat pada 25 Juni 2022 di Kabupaten Jember.

Judul berita BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Atlet Kota Blitar di Ajang Porprov Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Porprov jatim atlet porprov

Berita Lainnya