Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Wujudkan Reputasi Internasional, PPB Gelar Workshop Bagi Pendidik Bahasa Asing UIN Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Pipit Anggraeni

23 - Jun - 2022, 14:09

Placeholder
workshop Pengembangan Bahan Ajar Mandarin Berbasis Islamic Values (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang terus mendorong peningkatan kompetensi para dosen. Hal ini tentunya juga sebagai upaya menuju kampus unggul bereputasi internasional. 

Upaya ini dilakukan UIN Maliki Malang, melalui Chinese Language and Culture Center(CLCC), Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) yang menggelar workshop Pengembangan Bahan Ajar Mandarin Berbasis Islamic Values, di ruang pertemuan Gedung Rektorat, Dr. (HC) Ir. Soekarno, (22/6/2022).

Baca Juga : Rokok Ilegal Meresahkan, Mahasiswa Tuntut Bea Cukai Berantas dalam Sepekan

Ketua PPB UIN Maliki Malang, Prof Dr M Abdul Hamid MA mengatakan, bahwa workshop ini tentunya untuk meningkatkan kompetensi para dosen. Sehingga, dalam penyusunan bahan ajar hinhga modul pembelajaran bahasa Mandarin, bisa dibuat oleh dosen dengan baik. 

2

Oleh karena itu, pada draf bahan ajar yang dibuat, sebelum menjadi modul bisa langsung dikonsultasikan juga kepada pemateri. Materi yang dipaparkan tentang Bahasa Mandarin Bagi Pemula yang akan disampaikan oleh Aisyah Ling SS dan Mai Menghuan SPd.

Workshop ini sendiri tak hanya diperuntukkan pada kalangan para pendidik bahasa asing internal saja. Namun juga diperuntukkan kepada para tamu undangan, khususnya para mitra kerjasama di pusat pengembangan bahasa.

Lebih lnjut, Prof. Hamid menambahkan sekaligus mengingatkan bahwa produk hasil dari adanya pelaksanaan workshop kali ini adalah mampu menyusun suatu bahan ajar yakni semacam modul pembelajaran bahasa Mandarin.

"Alhamdulillah dan terima kasih atas kehadirannya para tamu undangan, ada yang dari Bojonegoro, Sunan Giri, ada yang dari Blitar dan Jombang," ungkapnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kesadaran Gender Generasi Z, Fisipol dan LPPM Unisba Blitar Gelar Sosialisasi

Lebih lanjut dijelaskannya, adanya workshop tersebut bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya mendukung pengembangan dan pembelajaran bahasa asing, khususnya di lingkungan kampus UIN Maliki Malang dan umumnya untuk di seluruh wilayah nusantara. 

2

Meskipun begitu, pihaknya juga menekankan, akan pentingnya mempertahankan ke-khasan keilmuan di kampus UIN Maliki yakni integrasi dan menjujung nilai-nilai ke-Islaman. 

"Sehingga pada akhirnya bahasa Mandarin bisa makin membumi di lingkungan akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Pipit Anggraeni