Atletik Kota Malang Bertekad Jaga Tradisi Emas Porprov | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Atletik Kota Malang Bertekad Jaga Tradisi Emas Porprov

Jun 23, 2022 10:14
Ketua Umum KONI Kota Malang Eddy Wahyono (kaus putih depan kiri), Ketua PASI Kota Malang Tonny Suhartono (jaket biru depan), pelatih PASI Kota Malang Chandra "Onny" Sofie (kaus putih depan kanan) bersama atlet PASI Kota Malang usai latihan di Stadion Gajayana.
Ketua Umum KONI Kota Malang Eddy Wahyono (kaus putih depan kiri), Ketua PASI Kota Malang Tonny Suhartono (jaket biru depan), pelatih PASI Kota Malang Chandra "Onny" Sofie (kaus putih depan kanan) bersama atlet PASI Kota Malang usai latihan di Stadion Gajayana.

JATIMTIMES - Harapan besar tertanam di dada PASI (Peesatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kota Malang menyongsong gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII 2022. PASI Kota Malang bertekad menjaga tradisi emas di pesta olahraga se-Jatim  dua tahunan tersebut.

Sejak Porprov Jatim 1 2007 lalu, atletik selalu menyumbangkan banyak emas untuk Kota Malang. Karena itu, tidak heran bila atletik termasuk salah satu cabang olahraga (cabor) unggulan bagi Kota Malang. Terakhir, di Porprov Jatim VI 2019 lalu, atletik mempersembahkan tiga emas untuk Kota Malang.

Baca Juga : Raih Skor 4-1, Tim Futsal Putri Kota Batu Berhasil Kalahkan Tim Futsal Kabupaten Magetan

"Kami selalu berusaha keras untuk bisa berprestasi dalam setiap kejuaraan. Apalagi di porprov, yang cukup punya gengsi tinggi karena menjadi ajang kompetisi terbaik bagi atlet Jatim. Emas sejumlah nomor menjadi bidikan kami," ujar Chandra Sofie, pelatih atletik Kota Malang.

PASI Kota Malang bakal menurunkan 26 atlet di Porprov Jatim 2022 yang dibuka 25 Juni sampai 3 Juli. Mereka berlaga di lintasan atletik Stadion Jember Sport Garden (JSG) Jember. Seperti diketahui, ada empat kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov VII. Selain Jember, tiga tuan rumah lagi adalah Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso.

Ke-26 atlet itu turun di hampir semua nomor yang dilombakan. Termasuk tiga nomor baru, yakni panca-lomba putra, tri-lomba putri, dan half maraton. "Kami harus mengatur strategi karena satu atlet bisa turun di dua nomor perorangan dan dua nomor beregu," kata Onny, panggilan akrab Chandra Sofie, yang juga pegawai Dinas Pemuda. Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang.

Yang menggembirakan Kota Malang, dari 26 atlet, tiga atlet yang merebut emas di Porprov VI 2019 juga tampil. Yaitu Muhammad Ali Topan, Maudy Awanda Saputri, dan Faustina "Fanny" Samponwenan. Topan peraih emas nomor lari 5.000 meter putra di Stadion Bumi Wali, Tuban, arena atletik Porprov VI. Sedangkan Awanda merebut emas 400 lari gawang putri dan Fanny menyabet emas nomor lari 400 meter putri.

Di samping  tiga atlet itu, sejumlah atlet lain juga diharapkan mampu mengukir prestasi. Apalagi, selama latihan menjelang porprov, para atlet menunjukkan perkembangan yang memggembirakan.

Baca Juga : Gelar Rakerda, DPD PAN Lumajang Sosialisasikan Tiga Nama Capres dan Cawapres

Ketua PASI Kota Malang Tonny Suhartono juga berharap tradisi emas mampu dijaga atlet atletik. Melihat progres latihan selama ini, Tonny menilai sejumlah nomor potensial berbuah emas. Selain 5.000 meter putra, 400 meter gawang  putri, dan 400 meter putri, nomor estafet 400 meter putra-putri bisa berprestasi di porprov.

"Ada tujuh emas yang ditargetkan KONI kepada PASI. Kami akan berusaha maksimal mewujudkan target itu. Mohon doanya kepada warga Kota Malang agar atletik bisa berprestasi bagus di porprov," ucap mantan pelari maraton Kota Malang yang kini menjadi dosen senior di Fakultas Teknik Unmer Malang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Atletik Kota Malang PASI Kota Malang Porprov Jatim 2022 Prestasi atletik Kota Malang

Berita Lainnya