Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sempurnakan Layanan Adminduk, Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Mesin ADM untuk Kabupaten Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

17 - Jun - 2022, 15:27

Placeholder
Gubernur Jatim Khofifah menyerahkan secara simbolik bantuan mesin ADM kepada Bupati Blitar yang diwakili Asisten I Setda Tuti Komaryati

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyerahkan secara simbolis bantuan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Kabupaten Blitar. Hadirnya ADM ini merupakan upaya dari gubernur dalam rangka mendorong pelayanan adminduk di Kabupaten Blitar yang sudah baik menjadi lebih optimal.

Bantuan mesin ADM secara simbolis diserahkan Gubernur Jatim Khofifah di sela-sela acara Gerakan Bersama Penuntasan Layanan Dokumen Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas yang diselenggarakan di Surabaya, Kamis (16/6/2022). Bantuan mesin ADM secara simbolis diterima oleh Asisten I Setda Pemkab Blitar Tuti Komaryati mewakili Bupati Blitar. Hadir pula dalam agenda ini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Ir Suwandito.

Baca Juga : Menilik Eksistensi Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Bersama Simfoni FM

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Ir Suwandito mengatakan mesin ADM bantuan dari Gubernur Khofifah ini adalah mesin ADM pertama yang dimiliki Kabupaten Blitar. Bantuan mesin ADM ini anggaranya bersumber dari Bank Jatim.

‘’Alhamdulilah tahun ini kita mendapat bantuan mesin ADM. Mesin ADM ini harganya sangat tinggi, kita tidak dapat menganggarkan dari APBD. Ibuu Gubernur menyerahkan bantuan mesin ADM ini kepada kabupaten/kota yang belum memiliki salah satunya Kabupaten Blitar. Dengan ini Kabupaten Blitar memiliki satu unit mesin ADM,’’ kata Suwandito, Jumat (17/6/2022).

Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan (Adminduk). Dokumen yang dapat dicetak di ADM yaitu KK, KTP-el, KIA, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian. ADM diharapkan dapat mempermudah pengurusan Dokumen Kependudukan.

Mesin ADM ini merupakan terobosan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendigitalisasi layanan kependudukan. Serta bisa mencetak dokumen kependudukan dalam waktu tidak lebih dari satu setengah menit dan bisa dari mana saja sesuai QR Code yang sudah diregistrasi di dukcapil setempat.
 

‘’Dengan mesin ADM ini masyarakat bisa melakukan pencetakan dokumen adminduk secara mandiri. Beberapa dokumen bisa diterbitkan melalui mesin ADM ini,’’ terangnya.

Suwandito menambahkan, setelah menerima bantuan mesin ADM ini pihaknya akan segera meminta petunjuk dari Bupati Blitar terkait dengan penempatan mesin ADM ini. Mesin ADM ini harus menempati tempat yang strategis sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh masyarakat.

Baca Juga : Bank Jatim Support Pemprov Penyediaan Mesin ADM di 38 Daerah

 

‘’Kita akan minta petunjuk dulu kepada Ibu Bupati terkait dengan lokasi penempatan mesin ini,’’ tukas Suwandito.

Lebih dalam Suwandito menyampaikan, sebelumnya Kabupaten Blitar sudah memiliki mesin Anjungan Tutul Mandiri (ATM) untuk pengurusan administrasi kependudukan. Namun demikian ATM dan ADM ini berbeda. ATM hanya bisa digunakan untuk menginput data saja dan pencetakan dokumen tetap dilakukan di kantor Dispendukcapil.

‘’ADM ini bisa dicetak sendiri oleh masyarakat. Dan nanti rencananya akan kita tempatkan yang jauh dari kantor layanan dukcapil supaya lebih memberikan manfaat kepada masyarakat. Nampaknya nanti akan kita tempatkan di tempat yang representative,’’ pungkasnya. (Adv/Kmf)


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya