Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pertahankan Gelar Juara, Pemkot Kediri Matangkan Persiapan APW 2022

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : A Yahya

15 - Jun - 2022, 17:25

Placeholder
Dinas Kominfo Kota Kediri persiapkan jelang kompetisi.(foto : istimewa)

JATIMTIMES - Tidak mau gelar juara umum Anugerah Pewarta Warga (APW) bergeser, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berusaha menyiapkan dengan matang kompetisi yang melombakan Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) dari berbagai daerah di Jawa Timur ini. 

Pasalnya, pada tahun 2019, bukan hanya satu kategori yang berhasil di juarai, melainkan ada tiga, yakni juara 1 artikel berita, juara 2 videografi dan juara 2 video berita. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan.

Baca Juga : Tekan Kerugian Petani, Mas Dhito Siapkan BUMD Serap Komoditas Petani saat Harga Anjlok

“Mempertahankan gelar juara jauh lebih sulit, untuk itu kami telah melakukan persiapan lebih ekstra dari tahun sebelumnya untuk APW tahun 2022 ini. Kami menggandeng para praktisi-praktisi professional di bidangnya untuk membimbing KIM Kota Kediri dari berbagai kategori lomba yang diikuti,” terangnya, Rabu, (15/6/22).

Benar saja, Selasa malam (14/6) berlokasi di studio Pawon Cinema, Kelurahan Mojoroto Kota Kediri, sejumlah KIM yang hendak mendaftar kategori video berita, tengah mendapatkan pengarahan intensif dari dr. Zainal Andy, salah satu video berita ternama di Kota Kediri.

Tidak hanya itu, untuk kategori foto berita, Apip mengatakan pihaknya juga menggandeng Prasetyo, dari LKBN Antara untuk turut memberikan bimbingan. Sedangkan untuk kategori artikel berita, pihaknya mempercayakan kepada Danu Sukendro, jurnalis Indosiar untuk turut menularkan ilmu-ilmunya kepada KIM Kota Kediri.

“Jadi total ada 5 kategori lomba yang rencananya akan kami ikuti dan tengah dipersiapkan, yakni video berita, videografis, artikel berita, foto berita, dan infografis dimana masing-masing kategori akan mengangkat tema utama APW 2022 yakni Optimis Jatim Bangkit”, ucapnya.

Menurut Apip, lomba APW ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari peran KIM di masyarakat. Menurutnya KIM sebagai ‘pewarta’ masyarakat diharapkan mampu menjalankan peran dan fungsinya untuk memberikan informasi yang valid dan bermutu. Untuk itu, pihaknya berharap APW 2022 KIM Kota Kediri dapat kembali memboyong gelar juara.

Baca Juga : Polisi Dalami Video Live Facebook Mayat Pria yang Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

“Setelah 2 tahun kompetisi ini tidak ada lantaran kondisi pandemic yang belum kondusif, akhirnya tahun 2022, APW bisa kembali digelar. Tentu kami berharap Kota Kediri dapat kembali memboyong berbagai gelar juara,” tutupnya.

Sebagai informasi periode lomba dan pengiriman karya APW 2022 ini berlangsung sejak tanggal 18 Juni sampai 18 Juli 2022. Sedangkan untuk penganugerahan rencananya akan berlangsung pada tanggal 28 Juli 2022.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

A Yahya