Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sinergi, Unisba dan BPJAMSOSTEK Blitar Lindungi Mahasiswa Magang

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

14 - Jun - 2022, 14:00

Placeholder
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro (kiri) dan Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Blitar Agus Dwi F.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES  - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Blitar dan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menandatangani nota kesepahaman atau MoA. Sinergitas dan kerja sama ini dalam rangka melindungi mahasiswa Unisba Blitar yang akan melaksanakan magang.

Naskah perjanjian kerja sama kedua lembaga ditandatangani oleh Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Blitar Agus Dwi Fitriyanto dan Rektor Unisba Blitar Soebiantoro pada Rabu (8/6/2022) di Kantor BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar. Penandatanganan kerja sama bertepatan dengan penyelenggaraan Job Fair dan Career Expo yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar.

Baca Juga : Mahasiswi UIN Malang Harumkan Nama Indonesia dan Kampus di Turki

Dengan kerja sama ini, seluruh mahasiswa Unisba Blitar yang akan melaksanakan magang kerja wajib menjadi peserta dari BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini untuk menghindari risiko-resiko sosial ketenagakerjaan yang dapat menimpa para peserta magang. Melalui kegiatan ini, mereka akan mendapatkan perlindungan program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Rektor Unisba Blitar Soebiantoro menyambut baik hal ini. Dia berharap seluruh mahasiswa yang melaksanakan magang kerja dapat bekerja dengan tenang karena sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami berharap mahasiswa kami yang melaksanakan kegiatan magang kerja dapat bekerja dengan tenang dan maksimal. Karena mereka akan terhindar dari resiko-resiko yang mungkin saja menimpa ketika melaksanakan magang kerja,’’ kata Soebiantoro.

Hal senada juga disampaikan Agus Dwi Fitriyanto selaku kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar. Dijelaskan Agus, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian yang akan didapatkan seluruh mahasiswa magang akan melindungi mereka. Jaminan kecelakaan kerja akan melindungi dari mulai berangkat ke lokasi magang, di lokasi magang hingga pulang kembali ke rumah. 

Sedangkan  jaminan kematian dapat membantu ahli waris untuk melanjutkan kehidupannya dengan memanfaatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Sinergi dengan Dinas Koperasi, BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Pelaku UMKM di Pamekasan

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap pekerjaan pasti ada risikonya, tak terkecuali para peserta magang kerja ini. Untuk itu, kami terus berupaya memberikan edukasi pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja, khususnya para mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan magang kerja,’’ papar Agus.

Agus berharap rasa kepedulian dari Unisba Blitar ini dapat menjadi percontohan bagi instansi- instansi pendidikan lain untuk memberikan perlindungan kepada anak didiknya.

‘’Unisba Blitar adalah pelopor dan teladan. Semoga ke depan akan semakin banyak lembaga pendidikan yang peduli dan memberikan perlindungan kepada seluruh civitas akademika-nya seperti Unisba. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Soebiantoro selaku rektor Unisba,’’ pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy