05/02/2023 Rebus dan Makan Daun Pepaya, 4 Penyakit ini Auto Lenyap Tanpa Obat | Jatim TIMES

Rebus dan Makan Daun Pepaya, 4 Penyakit ini Auto Lenyap Tanpa Obat

Jun 09, 2022 08:45
Daun pepaya (Foto: Healthline)
Daun pepaya (Foto: Healthline)

Pewarta: Desi Kris | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Pohon pepaya mudah kita temukan di sekitar tempat tinggal kita. Buah pepaya memiliki rasa manis dan dagingnya tebal bahkan jadi kesukaan banyak orang.

Selain itu, buah pepaya juga sangat tinggi nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun tak cuma buahnya, daun pepaya ternyata juga memiliki khasiat bagi tubuh. 

Baca Juga : DPRD Lumajang Minta Pemkab Amankan Kesehatan Hewan Kurban

Dijauhi karena rasanya pahit, padahal manfaat daun pepaya bisa untuk atasi berbagai penyakit. Jika diolah atau dimasak dengan benar, daun pepaya akan sangat enak dijadikan sebagai lalapan.

Namun kali ini, kita bisa mendapat manfaat daun pepaya dengan cara direbus, atau ditumis, ditongseng dan sebagainya.

Lantas, apa saja manfaat dari makan daun pepaya? Berikut ulasannya:

Diketahui pada daun pepaya ada beberapa kandungan nutrisi berupa protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosor, natrium, kalium. Ada juga tembaga, seng, betakaroten, riboflavin, thiamin, niasin, dan vitamin C.

Manfaat daun pepaya:

1. Mengobati Demam Berdarah

Daun pepaya sudah lama dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang ditularkan lewat nyamuk.

Penyakit ini bisa menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Kondisi tersebut tentu bisa meningkatkan risiko peradangan di dalam tubuh.

Melalui sebuah penelitian berjudul"“Effect of Carica papaya Leaf Extract Capsule on Platelet Count in Patients of Dengue Fever with Thrombocytopenia" terbukti bahwa daun pepaya mampu membantu meningkatkan kadar trombosit pada pasien demam berdarah.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tak hanya buah pepaya yang bisa membantu atasi masalah pencernaan. Ternyata daunnya pun bisa menjadi solusi untuk masalah pencernaan.

Ekstrak dan rebusan daun pepaya bisa meredakan gejala masalah pencernaan. Dengan mengonsumsi rebusan atau ekstrak daun pepaya, kalian bisa menghilangkan masalah kembung dan mulas pada perut.

Baca Juga : DPRD Lumajang Minta Pemkab Amankan Kesehatan Hewan Kurban

Sebuah studi juga sudah membuktikan bahwa kandungan serat pada daun pepaya bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh. Kandungan serat papain pada daun pepaya mampu memecah protein besar menjadi protein dan asam amino dengan ukuran lebih kecil.

Orang yang rutin mengonsumsi daun pepaya akan terhindar dari masalah pencernaan serius.

3. Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan masalah yang bisa muncul pada bagian tubuh manapun dan bisa menyerang siapa saja. Masalah peradangan ini biasanya sering terjadi di area sendi yang disebut arthritis.

Radang sendi bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi, ruam pada kulit, dan pembengkakan. Untuk mengobati masalah tersebut, kalian bisa menggunakan daun pepaya.

Pada sebuah penelitian diketahui daun pepaya memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan antioksidan papin dan flavonoid yang pada daun pepaya.

4. Melawan Infeksi Jamur

Jamur bukan hanya bisa tumbuh pada tanah, kayu atau benda mati lain. Manusia juga bisa menjadi tempat jamur tumbuh. Pertumbuhan jamur yang tak terkendali pada kulit manusia bisa menyebabkan masalah infeksi yang berbahaya.

Untuk menghilangkan jamur pada kulit, kalian bisa menggunakan ekstrak daun pepaya. Pada ekstrak daun pepaya terdapat kandungan etanolik, flavonoid, alkaloid, dan terpene yang bisa menghambat jamur Fusarium spp. dan C. gloeosporioides yang menyerang kulit manusia.

 

Judul berita Rebus dan Makan Daun Pepaya, 4 Penyakit ini Auto Lenyap Tanpa Obat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pepaya daun pepaya

Berita Lainnya