Bulan Bung Karno, Rektor Unisba Blitar Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai-nilai Pancasila | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bulan Bung Karno, Rektor Unisba Blitar Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Jun 08, 2022 15:28
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro

JATIMTIMES - Rektor Unisba Blitar Soebiantoro mengajak mahasiswa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang ke depan akan meneruskan kepemimpinan dan mengawal program pembangunan.

"Butir-butir Pancasila jangan hanya sebatas dihafalkan. Namun harus senantiasa diamalkan karena Pancasila adalah ideologi dan nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia yang harus terus menerus dilestarikan,’’ kata Soebiantoro, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga : Buka Job Fair dan Career Expo, Wali Kota Blitar Puji dan Apresiasi BPJAMSOSTEK

Hal ini disampaikan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 dan Bulan Bung Karno di Kota Blitar. Ditegaskan Soebiantoro, Bung Karno adalah penggali nilai-nilai Pancasila. Oleh sebab itu Bulan Bung Karno di Kota Blitar harus menjadi perenungan untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Anak-anak muda khususnya mahasiswa pasti hafal butir-butirnya, tapi sering lupa untuk mengimplementasikanya. Dan ini biasa terjadi juga pada kita. Oleh sebab itulah di momentum Bulan Bung Karno ini saya mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk mengimplemenasikan butir-butir Pancasila dalam setiap lini kehidupan,’’tukasnya.

Ditegaskan Soebiantoro, Pancasila adalah ideologi pemersatu yang mengikat dan menyatukan semua lapisan masyarakat, mulai dari agama, suku, ras, hingga golongan dari Sabang sampai Merauke.

"Indonesia ini gemah ripah loh jinawi dengan keberagaman suku, ras, agama dan golongan. Pancasila ini adalah pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ tegasnya.

Soebiantoro menambahkan, di momentum Bulan Bung Karno dan Hari Lahir Pancasila ini dirinya juga mengajak civitas academica dan mahasiswa untuk meningkatkan ibadah. Hal ini menurutnya selaras dengan implementasi sila pertama yakni Ketuhanan yang Mahas Esa.

‘’Salah satu implementasi Pancasila adalah dengan meningkatkan ibadah,’’ tegasnya.

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah Porsenasma IV, Wali Kota Kediri: Semoga Turut Membantu Perekonomian

Lebih lanjut Mantan Sekda Kabupaten Blitar berharap para mahasiswa khususnya yang kuliah di Unisba Blitar dapat membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat.

"Jangan sampai kemajuan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi dan perkembangan teknologi membuat semangat dan nilai-nilai Pancasila menjadi luntur. Kita semua harus bersatu menjaga dan mengamalkan nilai-nailai Pancasila untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia,’’ pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rektor Unisba Blitar Hari Lahir Pancasila

Berita Lainnya