04/12/2022 MAN Bangkalan Terapkan Program SKS, Siswa Bisa Lulus dalam 2 Tahun  | Jatim TIMES

MAN Bangkalan Terapkan Program SKS, Siswa Bisa Lulus dalam 2 Tahun 

Jun 08, 2022 14:39
Ratusan siswa dan siswi MAN Bangkalan saat di wisuda di gedung serbaguna Rato Ebu, yang di hadiri oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron (Foto: Humas Protokol Pemkab for JatimTimes) 
Ratusan siswa dan siswi MAN Bangkalan saat di wisuda di gedung serbaguna Rato Ebu, yang di hadiri oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron (Foto: Humas Protokol Pemkab for JatimTimes) 

Pewarta: Imam Faikli | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan menjadi satu-satunya sekolah yang mulai menerapkan program sistem kredit semester (SKS). Lewat program ini siswa bisa menempuh kelulusan selama 2 tahun. 

Wakil Ketua (Waka) Humas MAN Bangkalan Hasan menuturkan, sejauh ini yang menerapkan program SKS di Kabupaten Bangkalan, baik SMA maupun MA hanya di sekolahnya saja. 

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah Porsenasma IV, Wali Kota Kediri: Semoga Turut Membantu Perekonomian

080622_bangkalan-2-tahun-lulus.psdc90c587533009e68.png

Dari program SKS ini, Hasan mengungkapkan, bahwa setiap siswa di lingkungan MAN Bangkalan saat ini semuanya mengikuti program SKS. Sehingga dari program ini, siswa nantinya bisa berlomba-lomba apakah bisa cepat atau tidak. 

"Jadi, kalau siswa itu cepat paham dengan mata pelajarannya, maka nanti bisa lanjut dengan pelajaran selanjutnya. Nah ini nanti yang akan diakomodir oleh masing-masing guru," tutur Hasan, usai mewisuda 423 siswanya di Gedung Serbaguna Rato Ebu, Bangkalan, Rabu (8/6/2022). 

Pada kesempatan ini, dia mengaku yang berhasil menempuh program SKS dengan jangka waktu selama 2 tahun ada 18 orang siswa. "Jadi sekarang bukan akselerasi lagi, melainkan berubah menjadi program SKS. 2 tahun bisa lulus karena siswa itu cepat memahami mata pelajarannya," ungkap Hasan.

Selain itu dia menjelaskan, dari program SKS ini, kalau semisal nanti ada siswa yang lambat, ada kemungkinan bisa lulus dengan jangka waktu selama 4 tahun. "Jadi sekarang tidak ada kata tidak lulus, melainkan hanya lambat," imbuhnya.

Baca Juga : TPA Klotok Kota Kediri Tampung 140 Ton Sampah/Hari 

 

Dari 18 orang yang berhasil menempuh SKS 2 tahun ini, mereka dari beberapa jurusan, yakni jurusan Bahasa, IPA dan IPS. "Kalau harapan kami, bagi anak-anakku yang di wisuda hari ini, yang paling utama jujung tinggi akhlakul karimah dan utamakan kejujuran di manapun berada, baik yang melanjutkan ke perkuliahan maupun yang bekerja," harapnya.

Judul berita MAN Bangkalan Terapkan Program SKS, Siswa Bisa Lulus dalam 2 Tahun .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
man bangkalan program sks

Berita Lainnya