04/12/2022 Unikama Buka Program RPL, Punya Pengalaman Kerja Bisa Dikonversi | Jatim TIMES

Unikama Buka Program RPL, Punya Pengalaman Kerja Bisa Dikonversi

Jun 07, 2022 15:46
Wakil Rektor 1 Unikama, Drs Choirul Huda MSi (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Wakil Rektor 1 Unikama, Drs Choirul Huda MSi (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membuka program RPL. Program ini merupakan Recognisi Pembelajaran Lampau, dimana pengalaman kerja dari calon mahasiswa yang mendaftar bisa dikonversi dalam Satuan Kredit Semester (SKS). 

Wakil Rektor 1 Unikama, Drs Choirul Huda MSi menyampaikan, semakin linear pekerjaannya dengan program studi yang akan dituju, maka akan semakin banyak yang bisa dikonversi. Dari situ, tentunya akan mempengaruhi lama masa studi maupun pembiayaan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Berikan Pelayanan Terbaik, BPJS Ketenagakerjaan Jamin Pemasangan Protese Tangan Robotik Pekerja yang Alami Kecelakaan Kerja

"Memang tidak harus sesuai disiplin ilmu, tapi semakin linear prodinya semakin bagus. Masa studi dan biayanya lebih ringan," tegasnya.

"Misalnya seorang guru bisa mengambil manajemen, tapi jika mengambil linear dengan kependidikan, maka akan lebih banyak pengakuannya," imbuhnya.

Untuk dapat mengikuti program tersebut, tidaklah serta merta. Para calon mahasiswa harus memenuhi sejumlah persyaratan. Segala jenis pengalaman kerja bisa dikonversi, akan tetapi terdapat waktu minimal kerja yang bisa dikonversi, yakni minimal selama 2 tahun.

"Termasuk juga pengalaman yang mereka peroleh dan bisa dibuktikan melalui sertifikat pelatihan atau penghargaan juga kita hargai," jelasnya.

Selain itu, hal tersebut juga bisa dibuktikan melalui surat keterangan dari kepala bagian dimana calon mahasiswa bekerja. "Misalnya yang bersangkutan berprestasi atau bekerja dengan baik," tuturnya.

Baca Juga : Korpri Kota Kediri Gelar Musda Pembetukan Pengurus Baru Periode 2022-2027

Dengan begitu, proses pembelajaran tentunya tidak akan sama lagi dengan para mahasiswa baru. Mahasiswa yang mengikuti program RPL, tentunya akan meneruskan pelajaran selanjutnya dan tidak lagi mengikuti pembelajaran dasar.

"Di sini tidak ada kuota, siapa saja bisa mendaftar," pungkasnya.

Judul berita Unikama Buka Program RPL, Punya Pengalaman Kerja Bisa Dikonversi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
unikama malang Universitas Kanjuruhan

Berita Lainnya