Puluhan Rancangan Batik Pamekasan Akan Tampil di Pagelaran Eksotika Bromo | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Puluhan Rancangan Batik Pamekasan Akan Tampil di Pagelaran Eksotika Bromo

Jun 04, 2022 19:59
Famplet pelaksanaan gebyar batik Pamekasan di Bromo. (Foto:Ist/JTN)
Famplet pelaksanaan gebyar batik Pamekasan di Bromo. (Foto:Ist/JTN)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali akan menggelar Gebyar Batik Pamekasan di Bromo pada 11-12 Juni 2022.

Gebyar Batik Pamekasan yang bersamaan dengan pagelaran Eksotika Bromo tersebut merupakan yang ketiga selama tahun 2022. Pertama digelar Malang dan kedua bertempat di Kabupaten Tuban.

Baca Juga : Dibuka Wakil Bupati Fattah Jasin, Pamekasan Gelar Outbound Cabang Olahraga

Kepala Disperindag Pamekasan Achmad Sjaifuddin mengungkapkan, gebyar batik kali ini akan berkolaborasi dengan pagelaran Eksotika Bromo yang notabene kegiatan kebudayaan, mulai tari, puisi, musik, dan show kebudayaan lainnya.

"Kami masuk di situ (kegiatan itu, red) untuk fashion show-nya. Kami akan menampilkan sekitar 25-30 rancangan batik khas Pamekasan dengan motif dasar batik jungjung drajat," katanya, Sabtu (04/06/2022).

Dia menambahkan, pada pagelaran gebyar batik tersebut, pihaknya juga akan menampilkan tarian lokal Pamekasan untuk berkolaborasi dengan Eksotika Bromo. Tarian itu tidak lepas dari promosi batik tulis Pamekasan agar lebih dikenal oleh wisatawan.

Dia berharap, promosi tersebut bisa memperluas pasar batik dan top off mind masyarakat luar tentang batik Pamekasan yang memiliki kualitas tinggi demi tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat dan perajin secara khusus.

“Makanya saya juga berharap kepada semuanya untuk ikut serta mempromosikan batik Pamekasan di tengah-tengah masyarakat. Misalnya melalui media sosial dan lain-lain,” ucap Sjaifuddin.

Baca Juga : Labuh Laut Pantai Sine Sukses, Aktivis Sebut Pantas Jadi Festival Seni Budaya Tulungagung

Pemkab Pamekasan akan menggelar road show batik Pamekasan Jawa-Bali pada tahun 2022, mulai Malang, Tuban, Bromo, Jember, Bali, dan Surabaya. Gebyar batik tersebut merupakan bagian dari promosi batik di tingkat nasional dan internasional.

"Untuk persiapan yang di Bromo ini sudah siap. Sekarang teman-teman panitia sedang finalisasi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Batik Pamekasan Eksotika Bromo

Berita Lainnya