04/02/2023 Realisasi Pendapatan Daerah Tinggi, Kota Batu Kembali Raih Penghargaan | Jatim TIMES

Realisasi Pendapatan Daerah Tinggi, Kota Batu Kembali Raih Penghargaan

Jun 03, 2022 17:47
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (dua dari kanan) saat mendapatkan penghargaan di atas panggung. (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (dua dari kanan) saat mendapatkan penghargaan di atas panggung. (Foto: istimewa)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Batu kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Kota Apel itu mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) atas realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tertinggi Tahun Anggaran 2021.

Diketahui, hanya empat kota yang mendapatkan prestasi kategori ini. Penerima penghargaan realisasi APBD tertinggi tahun 2021 dalam kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi di antaranya Kota Blitar, Kota Magelang, Kota Madiun, Kota Batu, dan Kota Tanjung Pinang.

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin Salat Jumat di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Serahkan Bantuan Santripreneur

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dari Kementrian Dalam Negeri dalam kegiatan Penganugerahan Realisasi APBD Tahun 2021, di Hotel Bidakara Pancoran, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Pada tahun 2021 silam, Pendapatan Daerah Pemkot Batu memiliki pagu sebesar Rp 998,77 Miliar. Kemudian berhasil terealisasi sebesar Rp 969,96 Miliar atau 97.12 persen. Capaian itu berhasil mengantarkan Pemkot Batu meraih prestasi tersebut. Tentu hal ini menjadi kebanggan bagi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Dewanti mengatakan, pencapaian ini diharapkan akan berdampak dan membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Meski demikian, dibalik itu ada kerja keras berbagai pihak dalam hal ini.

“Alhamdulillah, terima kasih semua yang sudah bekerja keras ikhlas dan cerdas, pencapaian hasil pendapatan daerah yang sangat bagus In sya Allah akan berdampak dan membantu masyarakat dalam hal pemulihan ekonomi,” ucap  Dewanti.

Sementara itu, untuk kategori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi diraih Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kota Kotamobagu, Kota Banjar, dan Kota Blitar.

Sedangkan untuk kategori Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi diberikan kepada Kota Blitar, Kota Tomohon, Kota Denpasar, Kota Tangerang, dan Kota Bukit Tinggi.

Sementara penghargaan terhadap pemerintah kabupaten kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi diberikan kepada Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Baca Juga : Dorong Kurikulum Jaminan Sosial di Pendidikan Menengah dan Tinggi, Dua BPJS Bersinergi Gelar Webinar

Ketegori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi diraih Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Lampung Selatan.

Sedangkan untuk kategori Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi diberikan kepada Kabupaten Bangli, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Morotai, dan Kabupaten Intan Jaya.

Selanjutnya, penghargaan terhadap pemerintah provinsi atas Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi diberikan kepada Provinsi Gorontalo, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Bengkulu.

Sementara untuk kategori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi adalah Provinsi Papua Barat, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Lampung, Provinsi Kepulauan Riau. 

Sedangkan untuk kategori Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi yaitu Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Gorontalo, Provinsi Papua, dan Provinsi Jawa Barat.

Judul berita Realisasi Pendapatan Daerah Tinggi, Kota Batu Kembali Raih Penghargaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kota Batu Wali Kota Batu

Berita Lainnya