Nelayan Tulungagung Minta Pembangunan SPBU di Pesisir Selatan, Bupati: Akan Kita Usulkan ke Pertamina  | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Nelayan Tulungagung Minta Pembangunan SPBU di Pesisir Selatan, Bupati: Akan Kita Usulkan ke Pertamina 

Jun 03, 2022 15:39
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menghadiri acara Tradisi Labuh Laut di Pantai Sine. Jumat, 3/6/2022. (Foto: Slamet for TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menghadiri acara Tradisi Labuh Laut di Pantai Sine. Jumat, 3/6/2022. (Foto: Slamet for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Nelayan pesisir pantai selatan Tulungagung yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) meminta agar dibangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khusus nelayan.

Menanggapi hal itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, pihak Pemkab Tulungagung sebenarnya sudah pernah mengusulkan permintaan nelayan itu ke pihak Pertamina agar mendapatkan kuota pembangunan SPBU.

Baca Juga : Menteri Kelautan Dukung Pengembangan Potensi Kelautan di Jember

Usulan itu, langsung ditindaklanjuti oleh pihak Pertamina Madiun dengan melakukan survei berikut mengkaji daerah yang akan dibangun SPBU di wilayah pantai selatan.

“Sudah pernah kita usulkan dua tahun lalu ke Pertamina Madiun agar dibangun SPBU nelayan. Saat itu hasil survei dan kajian dari pihak Pertamina untuk kelayakan masih belum memenuhi," kata Bupati Maryoto usai menghadiri acara Tradisi Labuh Laut di Pantai Sine, Jumat (3/6/2022).

Tidak terpenuhinya persyaratan pembangunan SPBU, dikarenakan jumlah nelayan dan hasil tangkapan ikan di wilayah pesisir selatan dan hasil Tulungagung masih kurang.

Menurut Maryoto, usulan dibangunnya SPBU khusus nelayan merupakan usulan yang bagus, adanya SPBU juga mempermudah bagi nelayan untuk memenuhi bahan bakar saat melaut. 

Karena usulan pembangunan SPBU belum terpenuhi, pihaknya akan mengusulkan ulang ke Pertamina Madiun sembari melakukan koordinasi dengan HNSI agar usulan itu bisa segera terealisasi. 

"Justru akan lebih bagus jika rencana pembangunan SPBU di wilayah pesisir selatan Tulungagung dilakukan tahun ini," ucapnya.

Baca Juga : Indehoy dengan PIL di Gubuk, Suami Laporkan Istrinya ke Polisi

Maryoto mengungkapkan, secara geografis dengan bentang pantai di wilayah pesisir selatan Tulungagung, ada 2 titik lokasi strategis dan paling ideal untuk dibangun SPBU.

Titik yang dimaksud, pertama sepanjang Pantai Sine hingga sekitaran dekat Pantai Gerangan, kedua yaitu sekitaran pantai wilayah Besuki yang nantinya bisa menyuplai kebutuhan nelayan Popoh dan sekitarnya.

Jika mendesak, kata Maryoto, Pertamina tidak perlu membangun SPBU berskala besar, cukup dibangun Pertamina mini di wilayah pesisir pantai selatan akan lebih bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pertamina madiun Pertamina

Berita Lainnya