07/02/2023 Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Ke-4 Se-Indonesia, Bupati Tulungagung Terima Penghargaan | Jatim TIMES

Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Ke-4 Se-Indonesia, Bupati Tulungagung Terima Penghargaan

Jun 03, 2022 12:08
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama Kepala Bapenda Endah Inawati saat menerima penghargaan di Jakarta. (Foto: Humas for TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama Kepala Bapenda Endah Inawati saat menerima penghargaan di Jakarta. (Foto: Humas for TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Prestasi membanggakan kembali diperoleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. Keberhasilannya dalam merealisasikan PAD (pendapatan asli daerah) tahun 2020-2021 membawa Pemkab Tulungagung meraih hasil tertinggi ke 4 kategori realisasi pendapatan daerah tertinggi se-Indonesia.

Atas perolehan prestasi itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menerima penghargaan secara langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada acara Penganugerahan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022 di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (2/6/22) kemarin. 

Baca Juga : Ridwan Kamil dan Keluarga Meyakini Eril Wafat, Salat Gaib Digelar Usai Jumatan

 

Penghargaan bergengsi itu merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras daerah yang berhasil menunjukkan kinerja dan pengelolaan APBD yang baik. Kabupaten Tulungagung sendiri bahkan berhasil melampaui target pendapatan yang ditetapkan sebanyak Rp 578 miliar dengan realisasi 164 persen atau sebesar Rp 953 miliar yang bersumber dari sektor pajak penerimaan yang sah. Di antaranya penerimaan dari RSUD, PBB-P2, dan pariwisata.

Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo usai menerima penghargaan Kemendagri mengaku sangat bersyukur dan bangga. Pasalnya, meski dalam kondisi pandemi covid-19, Kabupaten Tulungagung tetap berusaha maksimal dalam mengelola APBD dan memperoleh pendapatan tinggi sehingga berhasil melebihi target pendapatan yang ditentukan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, terutama dinas terkait yang sudah bekerja keras untuk menggali pendapatan daerah," kata Bupati Maryoto.

Untuk itu, dirinya berharap agar bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan ke depan bisa lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi.

Sementara itu, Kepala Bapenda Tulungagung Endah Inawati mengatakan, masa pandemi covid-19 tidak menjadi kendala bagi pemkab untuk merealisasikan keuangan secara maksimal.

Menurut dia, Bapenda akan terus meningkatkan pendapatan asli daerah dengan berbagai metode pelayanan pembayaran baik secara elektronik ataupun tunai. Selain itu, upaya peningkatan PAD juga dilakukan dengan inovasi-inovasi dan metode-metode yang disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Baca Juga : DBHCHT Dorong Kelurahan Talun Jadi Sentra Tembakau Lokal Khas Blitar

 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan adanya team work yang solit  demi peningkatan PAD di Tulungagung," kata Endah.

Sekadar informasi, dalam kegiatan Penganugerahan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022 itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung Johanes Bagus Kuncoro dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung Endah Inawati.

Tak hanya Kabupaten Tulungagung yang meraih penghargaan tersebut. Ada 28 bupati/wali kota yang diundang ke penganugerahan tersebut untuk menerima penghargaan dari kemendagri dengan empat kategori berbeda. Yakni, kategori realisasi pendapatan daerah tertinggi, kategori realisasi belanja daerah tertinggi, kategori realisasi peningkatan PAD tertinggi dan kategori realisasi program Taspen (Taspen Award).

Judul berita Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Ke-4 Se-Indonesia, Bupati Tulungagung Terima Penghargaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Prestasi Tulungagung pemkab tulungagung

Berita Lainnya